Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar untuk Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

Pelatihan

Authors

  • Abdul Rachman Syam Tuasikal Universitas Negeri Surabaya
  • Mochamad Ridwan Universitas Negeri Surabaya
  • Mohamad Fathur Rohman Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/laksanaolahraga.v1i02.51813

Keywords:

Kurikulum Merdeka, pemulihan pembelajaran, asesmen diagnostik, pembelajaran intrakurikuler, pembelajaran kokurikuler, pembelajaran ekstrakurikuler

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengembangan Kurikulum Merdeka sebagai upaya pemulihan pembelajaran di Indonesia. Kurikulum Merdeka dikembangkan sebagai kurikulum yang lebih fleksibel, sekaligus berfokus pada materi esensial dan pengembangan karakter dan kompetensi peserta didik. Kurikulum Merdeka mencakup tiga tipe kegiatan pembelajaran, yaitu pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Pelaksanaan pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka merupakan siklus yang melalui tiga tahapan, yaitu asesmen diagnostik, perencanaan, dan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kelebihan dan kekurangan Kurikulum Merdeka sebagai upaya pemulihan pembelajaran dan memberikan rekomendasi terkait pengembangan kurikulum yang lebih baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-09-04

How to Cite

Tuasikal, A. R. S., Ridwan, M., & Rohman, M. F. (2023). Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar untuk Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan: Pelatihan. Laksana Olahraga, 1(02), 79–88. https://doi.org/10.26740/laksanaolahraga.v1i02.51813
Abstract views: 203 , PDF Downloads: 492