Optimalisasi Potensi Atlet Billiard di Kabupaten Sidoarjo: Pendampingan Pelatihan Billiard Berbasis Sport Science untuk Pengembangan Karakter Atlet Pemula
DOI:
https://doi.org/10.26740/laksanaolahraga.v3i01.66434Keywords:
Optimalisasi, Atlet Bilyard, Sport Science, KarakterAbstract
Program ini bertujuan untuk meningkatkan potensi atlet bilyar pemula di Kabupaten Sidoarjo melalui pendekatan berbasis sport science. Sport science dapat memprediksi dan membandingkan hasil tes yang telah dilakukan, memantau hasil latihan yang telah dilakukan dan dapat digunakan sebagai pengambil keputusan, menetapkan tujuan, bila perlu dilakukan revisi program yang dilakukan untuk mengidentifikasi bakat dan penetapan tujuan sebagai bahan pemberian motivasi bagi atlet. Metode pendekatan yang digunakan dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah dengan melalui workshop, pelatihan, pendampingan dan praktikum hasil kegiatan yang diselenggarakan secara offline dengan materi pelatihan teknis bilyar, penerapan prinsip sport science dan pembentukan karakter atlet melalui kegiatan berupa pelatihan intensif dan workshop. Atlet dapat mengoptimalkan keterampilan teknis mereka dan membangun karakter positif yang kuat. Program ini tidak hanya bertujuan untuk memberikan pondasi untuk mencetak atlet berprestasi dalam jangka panjang tetapi juga membentuk individu yang memiliki integritas, disiplin dan jiwa sportifitas yang tinggi.
Downloads
References
[1] R. S. Devi, H. Iskandaria, and P. Suryandari, “Pusat Pelatihan Nasional Olahraga Biliar Dengan Konsep Arsitektur Modern Di Setiabudi, Jakarta Selatan,” Maestro, vol. 4, no. 1, pp. 89–101, 2021, [Online]. Available: https://jom.ft.budiluhur.ac.id/index.php/maestro/article/view/435%0Ahttps://jom.ft.budiluhur.ac.id/index.php/maestro/article/download/435/185
[2] A. Supriyoko, A. " Aziz, P. Shidiq, H. J. Prasetyo, B. Wijanarko, and A. M. Alun, “Profil Pembinaan Cabang Olahraga Atletik dan Biliar dalam Rangka Persiapan Pra Pekan Olahraga Provinsi Jawa Tengah Tahun 2022,” J. Kepelatihan Olahraga SMART Sport, vol. 21, pp. 1–13, 2022.
[3] A. Rohendi and H. Rustiawan, “Kebutuhan Sport Science Pada Bidang Olahraga Prestasi,” J. Respecs, vol. 2, no. 1, p. 32, 2020, doi: 10.31949/jr.v2i1.2013.
[4] I. Andruchshishin, A. Karaneev, Y. Denisenko, and A. Geraskin, “Experimental Study of Efficiency of Technical and Tactical Actions in Billiard Sport,” Int. J. Hum. Mov. Sport. Sci., vol. 11, no. 4, pp. 779–788, 2023, doi: 10.13189/saj.2023.110411.
[5] Jamarudin, Bahtiar, and Jopang, “Kebijakan Pembinaan Atlet Pusat Pendidikan Dan Latihan Pelajar Dinas Kepemudaan Dan Olah Raga Propinsi Sulawesi Tenggara,” J. Publicuho, vol. 1, no. 1, p. 1, 2018, doi: 10.35817/jpu.v1i1.5846.
[6] E. Aldapit, P. E. Juntara, G. Yulisatria, and C. A. Malasari, “Sports Coaching and Talent Scouting in Indonesia,” Int. Conf. Sci. Educ. Technol., vol. 7, pp. 146–149, 2021.
[7] R. G. Wijaya, “Kelas Olahraga Sebagai Upaya Pembinaan Prestasi yang Berkelanjutan,” JORPRES (Jurnal Olahraga Prestasi), vol. 18, no. 3, pp. 40–45, 2022.
[8] M. Kusbani, S. KS, H. Setijono, and M. Sulaiman, “The Analysis of Volleyball Coaching Achievement Obstacles in Lampung Province Indonesia,” vol. 278, no. YISHPESS, pp. 589–591, 2019, doi: 10.2991/yishpess-cois-18.2018.148.
[9] R. D. Pestano, “Sports-Teachers’ Coaching Style, Behavior, Competency and Student-Athletes Performance in Sports,” Kinestetik J. Ilm. Pendidik. Jasm., vol. 5, no. 1, pp. 9–16, 2021, doi: 10.33369/jk.v5i1.14619.
[10] T. F. Muslima and F. Himam, “Peran Pelatih dalam Pembinaan Prestasi Atlet pada Organisasi Taekwondo Profesional,” Gadjah Mada J. Prof. Psychol., vol. 2, no. 3, p. 186, 2018, doi: 10.22146/gamajpp.41769.
[11] G. A. Bloom, W. R. Falcão, and J. G. Caron, “Coaching high performance athletes: Implications for coach training,” in Positive Human Functioning from a Multidimensional Perspective, vol. 3, no. March, 2014, pp. 107–131.
[12] E. Imanzadeh, G. Elyasi, S. Esmaeilzadeh, and M. R. Esmaeli, “The Role of Coach-Athlete Relationships on Group Cohesion and Athletic Performance in Team and Individual Sports,” MAGNT Res. Rep., vol. 2, no. 5, pp. 525–528, 2014.
[13] F. Moen, R. Giske, and R. Høigaard, “Coaches" Perceptions of how Coaching Behavior affects Athletes: An Analysis of their Position on Basic Assumptions in the Coaching Role Muscle dysmorphia View project Counteracting social loafing in sport teams View project Coaches" Perceptions of how Coa,” Int. J. Learn. Teach. Educ. Res., vol. 11, no. 1, pp. 180–199, 2015, [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/281114685
[14] T. W. Ariesta, R. Pelana, and Y. Setiakarnawijaya, “Evaluation of shooting sports achievement development program at PB PERBAKIN,” Gladi J. Ilmu Keolahragaan, vol. 13, no. 1, pp. 47–60, 2022, doi: 10.21009/gjik.131.05.
[15] A. Suganuma, “A Supporting System for Beginners of Billiards Based on Predicting the Path of the Balls by Detecting the Cue Stick,” Int. J. Innov. Eng. Technol., no. Special Issue, pp. 15–21, 2014.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

