Implementasi Modul Perencanaan Struktur Proyek Konstruksi Menggunakan Software ETABS Kepada Peserta Didik SMKN 5 Surabaya

Authors

  • Anggi Rahmad Zulfikar Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Pelatihan, SKMN 5 Surabaya, Software Etabs, Analisa Struktur

Abstract

Pendidikan vokasi memiliki peran penting dalam mempersiapkan tenaga kerja yang kompeten di dunia industri. Salah satu keterampilan yang krusial bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di bidang Teknik Bangunan adalah kemampuan perencanaan dan analisis struktur bangunan. Pelatihan penggunaan perangkat lunak ETABS kepada siswa SMKN 5 Surabaya dilakukan untuk menjembatani kesenjangan antara teori di kelas dan praktik teknis di lapangan. Metode pelatihan ini meliputi penyampaian teori dasar, praktik penggunaan ETABS, pendampingan individual, dan evaluasi hasil pelatihan.

Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan signifikan pada pemahaman teoritis dan keterampilan praktis siswa. Skor rata-rata post-test meningkat sebesar 47% dibandingkan pre-test, dan 85% siswa mampu menyelesaikan simulasi perencanaan struktur secara mandiri. Pelatihan juga memberikan kontribusi terhadap penguasaan teknologi modern yang relevan dengan kebutuhan industri konstruksi serta meningkatkan kesiapan kerja siswa. Meski terdapat beberapa kendala, seperti keterbatasan perangkat komputer, solusi yang diterapkan memungkinkan pelatihan berjalan dengan efektif.

Dengan pelatihan ini, siswa SMKN 5 Surabaya diharapkan mampu memahami prinsip perencanaan struktur bangunan yang aplikatif serta memiliki daya saing yang lebih tinggi dalam menghadapi dunia kerja. Pelatihan ETABS terbukti relevan untuk mendukung kurikulum pendidikan kejuruan dan meningkatkan kompetensi lulusan SMK di bidang teknik bangunan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-12-01

How to Cite

Zulfikar, A. R. (2024). Implementasi Modul Perencanaan Struktur Proyek Konstruksi Menggunakan Software ETABS Kepada Peserta Didik SMKN 5 Surabaya. Jurnal Lintas Karsa, 1(1), 19–25. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/lintaskarsa/article/view/64609
Abstract views: 28 , PDF Downloads: 22