WOMEN AND POLITICS IN MICHELLE MORAN’S CLEOPATRA’S DAUGHTER

  • RAHMANIA ISWIN CINDYTHYA

Abstract

Abstrak

Skripsi ini fokus terhadap peran wanita dalam politik di Mesir dan Romawi kuno yang di tampilkan oleh tiga karakter dalam novel. Setiap karakter memiliki persamaan dan perbedaan peran dalam berpolitik. Persamaan antara Selene dan Kleopatra VII ialah sukses mencapai peran strategis dalam politik sebagai pemimpin di kerajaan mereka masing-masing. Meskipun demikian, perbedaan masyarakat dimana mereka hidup mempengaruhi kesuksesan mereka dalam mencapai tahta. Sebaliknya, peran Julia adalah gambaran sebagai wanita pada umumnya yang hidup pada era tersebut. Oleh karena itu, dalam studi ini analisis didasarkan pada dua rumusan masalah: (1) Bagaimana Cleopatra menjalani dua fungsinya sekaligus sebagai seorang pemimpin di negerinya dan sebagai seorang istri untuk keluarganya ? (2) apa saja perbedaan antara Cleopatra VII dan Cleopatra Selene dalam  berpolitik terkait dengan perbedaan kehidupan masyarakatnya? Analisis dilakukan dengan menggunakan teori Liberal Feminism yang menganalisi peran wanita dalam politik dan hak- hak dasar lainnya. Selain itu, pendekatan Feminism juga digunakan untuk mendukung dan menganalisis kondisi wanita di dalam masyarakat. Hasil dari studi ini menunjukkan bahwa wanita mampu untuk menjadi adil menjalankan kedua fungsinya sekaligus. Ini dibuktikan oleh Kleopatra yang mampu memimpin negerinya menuju kejayaan, dan disaat yang sama dia mampu  mengatur kelurganya dengan baik. Pada analysis ini juga membuktikan bahwa Kleopatra lebih leluasa dalam berpolitik daripada putrinya, Selene. Hal ini terjadi karena masyarakat dimana Kleopatra hidup, masyarakat Mesir adalah masyarakat yang menghormati wanita dan memperlakukan mereka sejajar. Sebaliknya, lingkungan dimana Selene hidup adalah masyarakat Roma yang memperlakukan wanita sebagai individu yang lebih rendah dan sama sekali tidak dihormati sehingga wanita tidak memiliki kesempatan untuk berpolitik.

Kata kunci: Liberal Feminism, peran wanita dalam politik, Mesir dan Roma kuno

Abstract

 

Key words:  Liberal Feminism, Women’s role in politics, ancient Egypt and Rome.

 

This thesis is focused on the women’s role in politics in ancient Egypt and Rome that are performed by three characters in the novel. Each character has similarity and different experiences roles in politics. The similarity between Selene and Cleopatra VII is succeeds to reach the important role in politics as the ruler in each kingdom. Nevertheless, different societies where both live influence their success in reaching the throne. In contrary, Julia portrays the common roles of women in that era. Based on these conditions, the analysis of this thesis is grounded on these two main questions: (1) how does Cleopatra cover her function both as the leader in her country and as a housewife for her family? And (2) what are the differences between Cleopatra VII and Cleopatra Selene in their political roles within different society? The analysis is done using Liberal Feminism theory which analyzes the women’s role in politics and other fundamental rights. Besides, the feminism approach supports to analyze the women condition in society. The result of the analysis shows that women are able to be equal in both lives. It is proved by Cleopatra who is able to lead the country into the victory, and at the same time she is able to manage the family well. The analysis also reveals whether Cleopatra has more freedom to play her role in politics rather than her daughter Selene. This happens because the society where Cleopatra lives, Egypt is a society that tends to put respect more on women and treat them equally. On the contrary, the society where Selene lives is Rome society, that treats women as an inferior and respectless so women have limit access in politics.

Published
2015-01-05
How to Cite
ISWIN CINDYTHYA, R. (2015). WOMEN AND POLITICS IN MICHELLE MORAN’S CLEOPATRA’S DAUGHTER. LITERA KULTURA : Journal of Literary and Cultural Studies, 3(1). https://doi.org/10.26740/lk.v3i1.10243
Section
Articles
Abstract Views: 18
PDF Downloads: 236