ENNIS AND JACKS SEXUAL ORIENTATION IN ANIIE PROULX’S BROKEBACK MOUNTAIN

  • EKA DEWI SOFIA PUTRI

Abstract

Abstrak

Orientasi seksual adalah bagian dari identitas seseorang. Hal ini tidak terbentuk secara alamiah tetapi terbentuk dari lingkungan di sekitar subjek. Dengan kata lain, tidak ada orientasi seksual yang menyimpang karena hal tersebut tidak tercipta sebagaimana mestinya. Dan identitas seseorang adalah sebuah aksi permormatif dari seorang individu tanpa terhubung dengan esensi dari si individu tersebut. Penelitian ini berfokus pada analisis terhadap orientasi seksual seseorang dalam novelet Brokeback Mountain oleh Annie Proulx. Dengan menganalisis topik ini, skripsi ini dibuat untuk menggambarkan orientasi seksual dari tokon Ennis dan Jack dalam novelet Brokeback Mountain oleh Annie Proulx. Selain itu, mengungkapkan factor-faktor yang berkontribusi dalam pembentukan orientasi seksual Ennis dan Jack merupakan tujuan berikutnya dari skripsi ini. Dalam menganalisis topic ini, penelitian pustaka digunakan. Sumber data didapatkan dari buku dan jurnal. Teori Queer dari Judith Butler digunakan dalam penelitian ini. Data utama dari penelitian ini adalah novelet Brokeback Mountain oleh Annie Proulx. Data didapatkan dalam bentuk kutipan, frase, monolog, dialog dan deskripsi di dalam novelet Brokeback Mountain oleh Annie Proulx yang mengindikasikan orintasi seksual dari Ennis dan Jack. Sebagai hasil dari penelitain ini, skripsi ini mengungkapkan elemen-elemen di atas yang berhubungan orientasi seksual sebagai bagian dari identitas seseorang. Hal tersebut terlihat dari interaksi dan perlakuan Ennis dan Jack terhadap satu sama lain. Faktor-faktor yang berkontribusi dalam pembentukan orientasi seksual mereka adalah peran mereka dalam masyarakat dan kebutuhan seksual mreka.

Kata kunci: orientasi seksual, peran sosial, aturan sosial, homoseksualitas, biseksualitas

Abstract

Sexual orientation is a part of someone’s identity.  It is not formed naturally but rather formed by the environment around the subject. In other words, there is no deviate sexual orientation because it is not created the way it is. And someone’s identity is a performative act of an individual without relating to the essence of that individual. This study focuses on analyzing one’s sexual orientation in Annie Proulx’s Brokeback Mountain. By analyzing the study, this thesis is made for depicting Ennis and Jack’s sexual orientation in Annie Proulx’s Brokeback Mountain. Besides that, revealing the factors that contribute in shaping Ennis and Jack’s sexual orientation is the next purpose of this thesis. In analyzing the study, library research is used. The data sources are from books and journals. Queer theory by Judith Butler is used in this study. The main data of this study is Annie Proulx’s Brokeback Mountain. The data is gained in the form of quotations, phrases, monologues, dialogues and descriptions within Annie Proulx’s Brokeback Mountain that indicate Ennis and Jack’s sexual orientation. As the result of the study, this thesis reveals the elements above that related with sexual orientation as a part of someone’s identity. It is showed in Ennis and Jack’s interaction and treatment toward each other. The factors that contribute in forming their sexual orientation are their role in society and their sexual needs.

 

Key words:  sexual orientation, social role, social rule, homosexuality, bisexuality

Published
2015-01-15
How to Cite
DEWI SOFIA PUTRI, E. (2015). ENNIS AND JACKS SEXUAL ORIENTATION IN ANIIE PROULX’S BROKEBACK MOUNTAIN. LITERA KULTURA : Journal of Literary and Cultural Studies, 3(1). https://doi.org/10.26740/lk.v3i1.10353
Section
Articles
Abstract Views: 49
PDF Downloads: 358