ANNA FITZGERALD’S ALTRUISM IN JODI PICOULT’S MY SISTER’S KEEPER

  • DIAH MAYASARI
  • DIAH MAYASARI

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis altruisme pada karakter Anna Fitzgerald. Anna Fitzgerald dalam novel My Sister’s Keeper ciptaan Jodi Picoult adalah karakter utama yang merupakan seorang altruistik. Sebagai seorang altruistik, Anna Fitzgerald selalu fokus pada kebaikan kakak perempuannya daripada kebaikannya sendiri. Dia selalu membantu kakak perempuannya, Kate Fitzgerald, untuk sembuh dari penyakit yang dideritanya. Dia tidak memikirkan akan dirinya sendiri. Dia telah menyumbangkan darah, sum sum tulang belakang, dan bagian tubuh lainnya untuk mempertahankan hidup Kate. Hal ini sama seperti konsep altruisme. Altruisme adalah salah satu tipe tingkah laku manusia yang memfokuskan diri pada kesejahteraan orang lain dari pada kesejahteraan dirinya sendiri. Keberadaan altruisme dipengaruhi oleh adanya faktor penyebab. Faktor penyebab tersebut adalah perasaan empati kepada seseorang. Dengan kata lain, empati merupakan akar dari altruisme. Konsep ini digagas oleh C. Daniel Baston dalam bukunya yang berjudul Altruism in Human. Konsep tersebut digunakan dalam studi ini untuk menjawab dua permasalahan pokok. Dua permasalahan tersebut adalah bagaimana altruisme dalam diri Anna Fitzgerald yang ada dalam novel My Sister’s Keeper, karangan Jodi Picoult dan pengaruh apa saja yang timbul sebagai akibat dari altruisme dalam hidup Anna Fitzgerald. Pembelajaran ini menunjukkan bahwa Anna merupakan seorang altruistik. Dia memiliki keempat karakteristik dari altruisme, yaitu dia senang membantu Kate; apa yang telah dia lakukan pada Kate bukan hanya untuk kebaikan Kate tapi juga untuk keluarganya; dia telah memperoleh resiko besar karena pengorbanannya; dan dia tidak mengharapkan hadiah. Karena sifat altruismenya, Anna telah memperoleh dua akibat, akibat positif dan negatif. Dampak positif dalam hidup Anna adalah Anna Fitzgerald lebih sensitif pada orang lain; Anna Fitzgerald senang menolong orang lain, tidak hanya Kate; orang lain percaya pada Anna Fitzgerald; dan altruisme telah membuat Anna dekat dengan Kate. Sedangkan dampak negatifnya yaitu Kate menjadi ketergantungan pada Anna dan altruisme telah membuat Anna tidak memikirkan dirinya sendiri.

Kata Kunci: Altruisme, Empati, Sakit, Kesejahteraan

 

Abstract

This study aims to analyze altruism in Anna Fitzgerald’s character. Anna Fitzgerald in Jodi Picoult’s My Sister’s Keeper is as main character who is an altruistic person. As an altruistic person, Anna Fitzgerals always focuses on her older sister’s goodness rather than herself. She always helps her older sister, Kate Fitzgerald, to recover from her illness. She does not think about herself. She has already given her blood, bone marrow, and the other part of her body to make her older sister alive. It is same with the concept of altruism. Altruism is type of human behavior that tends to focus on the welfare of others rather than his own. Existence of altruism has casual factor. The casual factor of altruism is feeling empathy to someone else. In other hand, empathic is the root of altruism. This concept is inspired by C. Daniel Batson in his book, Altruism in Human. The concepts have used in the study to answer the two statements of the problems. Those are how is Anna Fitzgerald’s altruism in Jodi Picoult’s My Sister’s Keeper and what are the impacts of altruism in Anna Fitzgerald’s life. The study showed that Anna Fitzgerald is an altruistic. She has four characteristics of altruism. They are: she likes to help Kate; all of she has done to Kate is not only for Kate but also for her family; she has received high risk because of her sacrifice; and the last, she didn’t expect any external reward. Because of Anna’s altruism, Anna has given two impacts in her life. They are positive and negative effects. The positive effects are The positive impacts of altruism in Anna Fitzgerald’s life are: Anna Fitzgerald is more sensitive to other people; Anna Fitzgerald likes to help another, it is not just Kate; other people believe on Anna Fitzgerald; and altruism has made Anna close to Kate. Then the negative effect are altruism has made Kate being addicted to Anna and altruism has made Anna didn’t think about her.

Key Words: Altruism, Empathy, Illness, Welfare

Published
2015-01-15
How to Cite
MAYASARI, D., & MAYASARI, D. (2015). ANNA FITZGERALD’S ALTRUISM IN JODI PICOULT’S MY SISTER’S KEEPER. LITERA KULTURA : Journal of Literary and Cultural Studies, 3(1). https://doi.org/10.26740/lk.v3i1.10355
Section
Articles
Abstract Views: 86
PDF Downloads: 0