ANIMAL SYMBOLISM IN YANN MARTEL’S LIFE OF PI

  • SRI AJI DARMASTUTI

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis arti dan pengaruh dari kemunculan empat hewan sebagai simbolisasi pada karakter utama di novel Yann Martel Life of Pi. Didalam penganalisisan simbolisasi hewan yang terdiri dari empat hewan yaitu; Zebra, Orangutan, Hyena dan Harimau dinovel Yann Martel Life of Pi, membutuhkan tiga teori yang telah diterapkan untuk menemukan makna simbolisasi binatang tersebut dan pengaruhnya dalam perkembangan psikologis tokoh utama dalam novel Yann Martel Life of Pi. Dan teori tersebut terdiri dari teori semiotic dari Roland Barthes, teori simbolisme dari Northrop Frye dan teori perkembangan pisikologis pada remaja dari Erik Erikson. Dan dengan cara menggabungkan ketiga teori tersebut, dapat disimpulkan bahwa tujuan Yann Martel memunculkan empat hewan sebagai tokoh utama hewan yang memiliki karakter fisik dan tingkah laku yang berbeda merupakan sebuah konsep simbolisme yang menunjukkan bahwa dibalik kekuatan, kesadaran dan rasa sakit yang diderita keempat hewan tersebut telah menggambarkan sebuah arti filosofis yang terhubung dengan konsep kehidupan manusia dalam pencarian jati diri dan penghargaan diri oleh karakter utama di Yann Martel Life of Pi.

Kata Kunci: Hewan, Simbolisasi dan Perkembangan Pisikologis

 

Abstract

This study aims to analyze the four main animals and the influence in Pi’s or the main character psychology development in Yann Martel’s Life of Pi.The focused objective is to find what the meaning of four main animals to development of the sixteenth year old boy psychologists when mingling together in the lifeboat. In order to analyze Yann Martel’s Life of Pi, this research was using the theory of symbolism by Northrop Frye, semiotic theory by Roland Barthes, and psychological development of adolescent by Erik Erikson. And for the result with combine the three theories, the analyses find out that the used of different animals physical characteristic and behavior is the concept of symbolism process, which explain the animal awareness, strength and pain to represent mostly human concepts of life, sense of identity and self-esteem of the main character in Yann Martel’s Life of Pi.

Keywords: Animal, Symbolism, and Psychology Development

Published
2015-01-16
How to Cite
AJI DARMASTUTI, S. (2015). ANIMAL SYMBOLISM IN YANN MARTEL’S LIFE OF PI. LITERA KULTURA : Journal of Literary and Cultural Studies, 3(1). https://doi.org/10.26740/lk.v3i1.10382
Section
Articles
Abstract Views: 83
PDF Downloads: 264