MENACE AND REASSURANCE IN HAROLD PINTER’S THE ROOM: A DECONSTRUCTIVE READING

  • NESSA REKANOVANDA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dibuat berdasarkan masalah absurd yang banyak terjadi dalam penulisan drama yang pada akhirnya menawarkan kepada pembaca sebuah keambiguitasan yang bertujuan untuk menggali aspek yang paling penting dari sebuah ambiguitas ancaman yang bisa dilihat didalam drama komedy ancaman oleh Harold Pinter yang berjudul The Room. Harold Pinter sendiri adalah seorang pembuat drama absurd yang terkenal dan berasal dari Inggris. Dari drama absurd yang dibuat Pinter akan selalu menawarkan atau menghadirkan sebuah keambiguitasan. Drama pertama yang diciptakan oleh Harold Pinter adalah The Room, dimana dalam drama ini Pinter ingin menyampaikan sesuatu yang membingungkan tentang sebuah ancaman dari gangguan melalui penciptaan narasi yang dibuat oleh Rose yang merasa aman dan nyaman berada didalam dan merasa ada sebuah ancaman atau gangguan ketika ada tamu yang mencoba datang ke ruangannya. Bagaimanapun juga, Rose selalu mencoba untuk menerima sekaligus membantah perasaan gangguan yang dirasakan Rose ketika menerima tamu dari luar. Namun, perasaan gangguan akan ancaman itu semakin menjadi ambigu karena itu dapat menjadi menace and reassurance. Ambiguitas dalam The Room menjadi hal penting untuk menciptakan karakter yang kuat dalam drama ini. Sementara itu, dalam drama The Room, Pinter juga mencoba merubah alur cerita seperti hal lucu yang kemudian berubah menjadi kekerasan fisik yang tragis, psikologi, dan potensi ketakutan dan terror yang pada akhirnya menghasilkan menace dalam drama Pinter, The Room. Digunakan teori deconstructive reading untuk menganalisa permasalahan dalam drama ini. Batasan yang mengikat menace akan dipecah menjadi makna yang tersebar lebih luas tentang ambiguitas, bahwa ambiguitas bisa bermakna jamak. Oleh karena itu, untuk menganalisa bahasan ini kita perlu menggali keambiguitasan tentang menace melalui drama karya Harold Pinter, The Room.

Kata Kunci: Absurd, menace and reassurance, deconstructive reading.

 

 

Abstract

This research basically problematizes the way absurd drama offers ambiguity, it aims to dig the most important aspect of the ambiguity of menace can be occupied in one of Harold Pinter’s comedy of menace, entitled The Room. Pinter is famous as an English absurdist drama, while in his drama, the ambiguity can be taken. His first play, The Room, delivers something confusing in the way the menace is brought through a narration about how Rose feels secured inside and feels that the visitors are the menace. However, Rose tries to both accept and refuse, and then the menace she means grow ambiguous, it can be menace and reassurance. Ambiguity is only particular thing of The Room’s characteristic, while Pinter also has changings in his play such as comical thing that turns to physical, psychological and potential tragic violence at the end with generating fear and terror, especially to specify the menace in Pinter’s The Room. To solve these blended components, through deconstructive reading, the boundary that binds menace is near to be broken down into scattered meaning ambiguously. Hence, to see these all out, this paper can be effort to dig the ambiguous menace up, mainly through Pinter’s The Room.

Keywords: Absurd, menace and reassurance, deconstructive reading.

Published
2015-01-21
How to Cite
REKANOVANDA, N. (2015). MENACE AND REASSURANCE IN HAROLD PINTER’S THE ROOM: A DECONSTRUCTIVE READING. LITERA KULTURA : Journal of Literary and Cultural Studies, 3(1). https://doi.org/10.26740/lk.v3i1.10434
Section
Articles
Abstract Views: 35
PDF Downloads: 730