VIOLENCE IN SHAKESPEARE’S KING LEAR

  • YUSUF CANDRARIMEKI SUNDIARTIKO

Abstract

Abstrak

Agresi dan kekerasan dapat ditemukan di mana-mana di era ini. keduannya selalu berhubungan dengan kehidupan manusia di dunia ini. Keduanya dapat dilihat di setiap saat. Setiap orang di dunia ini baik pria dan wanita memiliki kesempatan yang sama untuk melakukan agresi. Studi ini telah menggarisbawahi agresi yang dilakukan oleh wanita. Dalam karya Shakespeare yang berjudul King Lear karakter wanita telah melakukan banyak agresi dan kekerasan. King Lear adalah salah satu drama tragedi terkenal yang telah ditulis oleh Shakespeare. Drama ini memiliki banyak agresi dan kekerasan yang dilakukan oleh karakter – karakter yang ada di dalamnya. Karakter laki-laki dan karakter perempuan melakukan itu, tetapi studi ini hanya fokus pada agresi yang dilakukan oleh karakter perempuan. Penelitian ini memfokuskan pada dua masalah utama, (1) Bagaimana agresi yang dilakukan oleh karakter wanita yang digambarkan dalam karya Shakespeare King Lear?, dan (2) motif agresi yang menyebabkan karakter wanita Apa agresi. Data dari tesis diambil dari bermain sebagai sumber utama dan membaca intensif untuk langkah berikutnya analisis. Konsep yang akan digunakan meliputi konsep agresi oleh beberapa ahli yang menyatakan tentang agresi fisik dan verbal, juga teori “death instinct”-nya Sigmund Freud. Untuk menjawab permasalahan pertama studi ini menggunakan konsep agresi (agresi fisik dan verbal). Teori tersebut digunakan untuk menggambarkan agresi yang dilakukan oleh karakter perempuan di King Lear. Kemudian masalah kedua dijawab dengan menggunakan teori/pendekatan psikologis; “death instinct” dan konsep agresi oleh Anderson & Bushman dan para ahli lainnya untuk mengungkapkan faktor-faktor situasional agresi mereka. Selain itu, penulis menggunakan studi pustaka, analisis dan deskripsi. Penelitian kepustakaan ini maksudnya mengambil sebagian data atau skripsi yang ada di perpustaan perguruan tinggi yang bisa dijadikan penunjang studi. Analisis digunakan untuk menganalisis data yang dikumpulkan berdasarkan teori. Keterangan digunakan untuk menggambarkan hasil analisis. Hasil dan kesimpulan penelitian ini menggambarkan bahwa kekerasan dapat diklasifikasikan menjadi beberapa jenis (fisik dan verbal) dan juga ada beberapa motif yang menyebabkan seseorang melakukan kekerasan, yaitu naluri alami dan faktor situasional.

Kata Kunci: agresi, kekerasan, fisik, verbal, insting kematian, faktor situasi

Abstract

Aggression and violence can be found in everywhere at this era. They always related with the human life in this world. They can be seen in every moment. Every people in this world both man and woman has the same chance to do the aggression among others. This study has underlined the aggression that do by the woman. In Shakespeare’s King Lear the female characters had done much aggression and violence. King Lear is one of famous tragedy drama which had written by Shakespeare. This drama had a lot of aggression and violence that had done by the characters. Both male characters and female characters do that, but this study only focus on aggression that done by the female characters. This study focuses on two major problems, (1) How is aggression done by the female characters that depicted in Shakespeare’s King Lear?, and (2) What motives of aggression that cause the female characters do the aggression?. The data of the thesis is taken from the play as the main source and intensive reading to next step of analysis. The concept that will be used includes the concept of aggression by several experts that stated about physical and verbal aggression also death instinct by Sigmund Freud. To answer the first problem, this study is using the concept of aggression (physical and verbal aggression) to depict the aggression that is done by the female characters in King Lear. Then the second problem is answered by using psychological approach of death instinct theory and the concept of aggression by Anderson & Bushman and the other experts to reveal the situational factors behind their aggressions. Moreover, the writer used library research, analysis and description. Library research is used to college data needed. An analysis is used to analyze the collected data based on the theories. Description is used to describe the result of analysis. Then, the result and the conclusion of this study describe that violence is can be classified into several types (physical and verbal) and also there are some motives that caused someone do violence, those are natural instinct and situational factor.

Keywords:  aggression; violence; physical; verbal; death instinct; and  situational factors.

Published
2015-01-22
How to Cite
CANDRARIMEKI SUNDIARTIKO, Y. (2015). VIOLENCE IN SHAKESPEARE’S KING LEAR. LITERA KULTURA : Journal of Literary and Cultural Studies, 3(1). https://doi.org/10.26740/lk.v3i1.10533
Section
Articles
Abstract Views: 45
PDF Downloads: 413