ELIJAH’S PRE-CONVENTIONAL MORAL DEVELOPMENT PROCESS AS SEEN IN PAULO COELHO’S THE FIFTH MOUNTAIN

  • DARA NILAM

Abstract

Abstrak

Artikel ini akan membahas lebih dalam mengenai proses perkembangan moral Pra konvensional tokoh utama Elijah dalam novel The Fifth Mountain karya Paulo Coelho. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah tentang perkembangan moral yang dirumuskan oleh Lawrance Kohlberg. Tokoh utama Elijah dalam novel The Fifth Mountain digambarkan sebagai seorang nabi yang telah melalui  banyak dilema moral semasa hidupnya sebagai bentuk ujian hidup yang ditimpakan kepadanya oleh Tuhan. Hal ini menunjukkan bahwa penalaran moral yang dilakukan seseorang tidak datang dengan sendirinya namun harus melalui berbagai proses pemikiran yang bertahap seperti yang dirumuskan dalam teori perkembangan moral oleh Kohlberg. Berbagai data yang disajikan dalam artikel penelitian ini akan membuktikan bahwa moralitas berhubungan erat dengan cara berpikir dan hasil keputusan yang diambil oleh seseorang yang merupakan bagian dari proses kognitif tiap individu dan juga pengaruh dari lingkungan sekitarnya seperti yang dialami oleh tokoh utama Elijah dalam novel The Fifth Mountain yang menjadi objek dalam penelitian ini.

Kata Kunci: Moralitas, Perkembangan Moral, Tahapan Perkembangan Moral Pre-konvensional, Perspektif Sosial

 

Abstract

This article deals with revealing the Pre-conventional moral development process using Kohlberg’s moral development theory as represented in Paulo Coelho’s The Fifth Mountain. The problem discussed in this study is related to depicting Elijah’s Pre-conventional moral development process as a prophet who always faced various moral dilemmas through his lifespan. It is proves that morality cannot come from itself, there are many steps ahead to follow in order to acquire higher stage of morality reasoning and this concept become the main purpose of the study. This study use psychological approach via Kohlberg’s stages of moral development theory to revealing Elijah’s moral development process. The data that collected on this study prove that morality which is deals with the way of thinking and the decision that individual make is something correspond with individual’s cognitive development and influenced by the society perspective about morality and moral value.

Keywords: Morality, Moral Development, Pre-conventional Moral Development Stages, Social Perspective

Published
2015-05-27
How to Cite
NILAM, D. (2015). ELIJAH’S PRE-CONVENTIONAL MORAL DEVELOPMENT PROCESS AS SEEN IN PAULO COELHO’S THE FIFTH MOUNTAIN. LITERA KULTURA : Journal of Literary and Cultural Studies, 3(2). https://doi.org/10.26740/lk.v3i2.11603
Section
Articles
Abstract Views: 39
PDF Downloads: 54