FEMALE CHARACTERS’ BISEXUALITY IN MICHAEL CUNNINGHAM’S THE HOURS

  • WIDYANINGRUM

Abstract

Abstract

This study focuses on bisexuality characters performed by three main female characters in The Hours written by Michael Cunningham. This study aims to depict the bisexuality and its factors toward the three main female character, and how they cope with their bisexuality.The result shows that the three female characters are bisexual. The female characters are Virginia Woolf and Laura Brown who are married women, they love their husband but at the same time they love another people, their female partner, Vanessa and Kitty, while Clarissa Vaughan had loved a man named Richard but then she decides to marry a woman, being lesbian. The factors of bisexuality of Virginia Woolf and Laura Brown are there is no satisfaction and happiness in their marriage while for Clarissa Vaughan is due to her disappointment with the opposite sex. The three female characters face their life of being bisexual differently; Virginia Woolf must hide her feeling and later decides to commit suicide, Laura Brown leaves her husband and her children, and Clarissa Vaughan remains to live with her female partner and her daughter.

Keywords: Bisexuality, Sexual Orientation

 

 

Abstrak

Penelitian ini berfokus pada biseksualitas yang dialami oleh tiga karakter wanita utama dalam novel The Hours karya Michael Cunningham. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan biseksualitas yang dialami oleh ketiga karakter wanita utama, faktor-faktor yang menyebabkan ketiga tokoh ini menjadi biseksual, dan cara mereka mengatasi biseksualitas dalam diri mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga tokoh wanita utama dalam novel The Hours adalah biseksual. Tiga tokoh wanita utama tersebut adalah Virginia Woolf dan Laura Brown, mereka adalah tokoh yang digambarkan telah menikah dengan laki-laki namun pada waktu bersamaan juga tertarik pada wanita lain, Vanessa dan Kitty, sedangkan tokoh Clarissa Vaughan pernah menjalin hubungan dengan laki-laki bernama Richard, namun kemudian menikah dengan sesama jenis, yang lebih dikenal sebagai lesbian. Faktor-faktor yang menyebabkan tokoh Virginia Woolf dan Laura Brown menjadi biseksual adalah adanya rasa tidak puas dan kebahagiaan dalam pernikahan mereka, sedangkan pada tokoh Clarissa karena dia pernah dikecewakan oleh lelaki di masa mudanya, sehingga ketiga tokoh ini tertarik pada laki-laki dan perempuan. Ketiga tokoh wanita utama ini tidaklah mudah mengatasi biseksualitas yang ada didalam diri mereka; tokoh Virginia harus menyembunyikan perasaannya tersebut dan pada akhirnya memilih untuk bunuh diri, tokoh Laura Brown pada akhirnya meninggalkan suami dan kedua anaknya, dan tokoh Clarissa Vaughan pernah berniat untu melakukan bunuh diri namun pada akhirnya menyadari keputusan yang telah diambil yakni tetap tinggal dengan kekasih wanita dan anak perempuannya.

Kata Kunci: Biseksualitas Orientasi Seksual

Published
2015-05-28
How to Cite
WIDYANINGRUM,. (2015). FEMALE CHARACTERS’ BISEXUALITY IN MICHAEL CUNNINGHAM’S THE HOURS. LITERA KULTURA : Journal of Literary and Cultural Studies, 3(2). https://doi.org/10.26740/lk.v3i2.11665
Section
Articles
Abstract Views: 32
PDF Downloads: 535