MEN’S OPPRESSION IN PEARL S. BUCK’S THE GOOD EARTH

  • FAIZATUL WIDAK

Abstract

Abstract

Oppression is the element of “press” that in any condition cannot be mentioned as the correct behavior. Wang Lung and other men characters in Pearl S. Buck’s The Good Earth proves the oppression that men sometimes do. The common thing in this novel is men oppress the women, it is because men is a privilege group and has “something” that more than women and the worst thing the society seems approves the norms and stereotype that encourages the oppression. This thesis is aimed to depict the men’s oppression in this novel and some ways of the female characters in surviving from the oppression. The study applies descriptive analysis method, the concept of oppression and the theory of patriarchy and radical feminism by several experts. The theories and concept are well applied to reveal the statement of the problems. Wang Lung, in oppressing some female characters in the novel applies the three forms of Young’s explanation about oppression. There are exploitation, marginalization and powerlessness. Those are makes O’lan has some changes in her life. However the Old Lord and the cousin of Wang lung also do the oppression but not too explained well. Then the female characters have some ways to face the oppression. O’lan chooses to be silent, depicts herself and other women as the slave and always being afraid of Wang Lung. Other women characters also proves the changes that they face to survive from the oppression.

Keywords: oppression, patriarchy in China, privilege, men and women.

 

 

Abstrak

Penindasan adalah bagian dari kata “tekan” yang bilamanapun tidak bisa dikatakan sebagai tindakan yang dibenarkan. Penindasan tersebut dibuktikan oleh Wang Lung dan karakter laki-laki lainnya dalam novel The Good Earth karya Pearl S. Buck bahwa laki-laki melakukan penindasan. Hal yang lumrah dalam novel ini adalah laki-laki menindas perempuan yang dikarenakan laki-laki merupakan sebuah kelompok yang diistimewakan dan memiliki “sesuatu” yang lebih dibandingkan dengan perempuan, dan buruknya lagi masyarakat seakan-akan sepakat terhadap norma-norma dan stereotipe yang mendukung penindasan tersebut. Skripsi ini bertujuan untuk memaparkan penindasan oleh kaum laki-laki dalam novel ini dan beberapa cara yang dilakukan oleh tokoh perempuan untuk bertahan dari penindasan tersebut. Skripsi ini mengaplikasikan metode analisis secara deskripsi, konsep dari penindasan itu sendiri dan teori patriarki serta feminis radikal dari beberapa ahli. Teori dan konsep tersebut digunakan untuk mengungkap masalah-masalah dalam skripsi ini. Wang Lung, ketika menindas beberapa tokoh perempuan dalam novel ini melakukan tiga macam bentuk dari penindasan itu sendiri seperti yang dijelaskan oleh Young tentang penindasan, yaitu eksploitasi, marginalisasi, dan memanfaatkan kelemahan. Hal-hal tersebut membuat O’lan menemui perubahan-perubahan dalam hidupnya. Selanjutnya Penguasa yang sudah lanjut usia dan sepupu dari Wang Lung juga melakukan penindasan tapi tidak terlalu dijelaskan sejeals Wang Lung. Kemudian tokoh-tokoh perempuannya mempunyai beberapa cara untuk menghadapi penindasan tersebut. O’lan memilih untuk diam saja, menganggap dirinya danp erempuan lainnya sebagai budak laki-laki serta selalu tkaut terhadap Wang Lung. Tokoh lainnya juga membuktikan perubahan-perubahan yang mereka pilih untuk bertahan terhadap penindasan tersebut.

Kata Kunci: penindasan, patriarki di Cina, hak istimewa, laki-laki dan perempuan

Published
2015-07-03
How to Cite
WIDAK, F. (2015). MEN’S OPPRESSION IN PEARL S. BUCK’S THE GOOD EARTH. LITERA KULTURA : Journal of Literary and Cultural Studies, 3(2). https://doi.org/10.26740/lk.v3i2.12288
Section
Articles
Abstract Views: 71
PDF Downloads: 446