THE MAIN CHARACTER’S STRUGGLE FOR EQUALITY IN HARPER LEE’S TO KILL A MOCKINGBIRD

  • ARIEF BAGUS SYAHRONI

Abstract

Abstrak

 

Dalam novel bertajuk To Kill a Mockingbird,  isu kesetaraan menjadi ide utama yang dibahas oleh sang pengarang. Bagaimana praktek ketidaksetaraan terjadi di masyarakat yang masih terjebak di dalam paradigma lama semacam prasangka dan diskriminasi sebagai suatu budaya yang salah. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tindakan perjuangan untuk kesetaraan yang dilakukan oleh Atticus Finch sebagai salah satu tokoh sentral dalam novel To Kill a Mockingbird oleh Harper Lee, menggunakan konsep 5 dimensi kesetaraan dari Baker et. al. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif sebagai metode riset dalam usaha untuk menganalisis novel. Aspek-aspek kesetaraan yang diperjuangkan oleh karakter utama bukan hanya meliputi isu kesetaraan yang ada di masyarakat, seperti isu kesetaraan gender, isu kesetaraan ras, dan isu kesetaraan sosial, melainkan lebih fokus pada konsep 5 dimensi kesetaraan, yang diantaranya ada kesetaraan kehormatan dan pengakuan, kesetaraan sumber daya, kesetaraan kasih sayang, perhatian dan solidaritas, kesetaraan kekuasaan, dan kesetaraan pekerjaan dan pendidikan.

Kata kunci: Kesetaraan, Perjuangan, Dimensi kesetaraan

 

Abstract

 

In To Kill A Mockingbird, the issues of equality become the main idea which is discussed by the writer of the novel. The inequality practices happened in the community who was still being trapped in the old paradigm such as prejudice and discrimination as a wrong culture. The main purpose of the study is to recognize how the struggle action for equality, which was done by Atticus Finch as one of the central character in Harper Lee’s To Kill A Mockingbird using Baker et. al. concept’s of the 5 dimensions of equality. This study uses descriptive qualitative as the research method to analyze the story. The aspects of equality which was struggled by the main character are not only based on the issues of equality in the society; such as gender equality, racial equality, and social equality, but also focused on the concept of the5 dimensions of equality, such as equal respect and recognition, equal resources, equal love, care, and solidarity, equal power, and equal working and learning.

Keywords: Equality, Struggle, Dimension of equality

 

Published
2015-08-20
How to Cite
BAGUS SYAHRONI, A. (2015). THE MAIN CHARACTER’S STRUGGLE FOR EQUALITY IN HARPER LEE’S TO KILL A MOCKINGBIRD. LITERA KULTURA : Journal of Literary and Cultural Studies, 3(2). https://doi.org/10.26740/lk.v3i2.12937
Section
Articles
Abstract Views: 48
PDF Downloads: 147