Consumerism as Life Style in Candace Bushnell’s Sex and The City

  • YOHANES BAYU ADHYTIA

Abstract

Abstrak

Fenomena akan isu sosial di masyarakat yang masih memandang wanita sebagai kaum kedua yang menyebabkan ketidaksetaraan dalam berbagai aspek . Masyarakat luas masih menganggap wanita sebagai individu yang bergantung pada pria, tanpa mempertimbangkan  sebuah  kemungkinan bagi si wanita untuk mandiri. Menurut konsep Tong tentang wanita dan ekonomi, dasar dari masalah utama pada wanita dalam kondisi yang digambarkan adalah ekonomi. Peran tradisional yang mengekang wanita dengan berbagai pekerjaan rumah tangga atau cara hidup konvensional dimana hal ini membuat mereka kurang kesempatan untuk memperbaiki dan membuat diri mereka jauh lebih baik dari segi ekonomi. Dengan kata lain, dapat dikatakan bahwa wanita tertindas secara ekonomi. Akan tetapi, dalam novel Sex and the City milik Candace Bushnell, digambarkan akan sebuah pemberdayaan wanita,  sebuah kemungkinan dalam hal kekuatan finansial, yang dapat membantu mereka untuk melarikan diri dari penindasan secara ekonomi dan ketergantungan akan kaum pria. Oleh karena itu, studi ini ditulis dengan memfokuskan pada 2 rumusan masalah: (1) Bagaimanakah konsumerisme digambarkan dalam novel Sex and The City? Dan (2) Bagaimanakah karir berpengaruh pada perilaku konsumerisme pada wanita di bawah kapitalisme seperti yang digambarkan pada novel Sex and The City?. Data yang digunakan untuk menganalisa tesis ini diambil dari novel untuk membongkar sebuah wacana tentang konsumerisme sebagai refleksi akan kebebasab dan kekuatan secara finansial bagi wanita untuk melawan kekuasaan patriarki. Hasil dari studi ini untuk menunjukkan bahwa wanita modern yang ada dalam isi novel adalah individu yang berkompeten, agen yang aktif, sebuah subyek dalam masyarakat atau istitusi yang membangun kekuasaan agar setara  dengan lelaki di bidang ekonomi melalui berkarir. Dan kesetaraan ekonomi yang didapat wanita ini menyebabkan mereka menjadikan subyek konsumerisme sebagai suatu gaya hidup. Dalam hal ini, konsumerisme di deskripsikan sebagai suatu intuisi alami seorang wanita untuk mengekspresikan sebuah penampilan, dandanan cantik dan juga berhubungan dengan sebuah kemolekan tubuh, dimana hal itu juga terangkum dalam pengalaman kisah percintaan dari sekelompok yang berisi empat orang  wanita.

 

Kata Kunci : Penindasan secara ekonomi, konsumerisme

 

Abstract

The phenomenon of social issue that still regard the women as the second sex cause inequality in many aspects in society. Most of society still consider women as the dependence individuals of men, without regarding the possibility of them to be independent. According to Tong’s concept of women and economy, the main source of this women condition is the economy. The tratidional role bonds women with the drudgery or the conventional way of life that make them lack of chance to improve and make their own life better economically.In other words can be said that women are repressed economically. However, In Candace Bushnell’s Sex and The City, it is depicted that the empowerment, a possibility in economy power, can help them fleeing from economical repression and dependence of men. Therefore, this study is written by focusing on two questions: (1) how is the consumerism portrayed in Sex and The City?, and (2) how does the career affects on women’s consumerism under the capitalism that depicted in Sex and The City?. The analysis data of this thesis are taken from the novel to dismantling the discourse of consumerism as a reflection of freedom and financial power for women to fight patriarchial rule. The result of the study approve that modern women in the novel are competent individual, an active agent, a subject within society or institution since they empower the economical side equal to men through building career. However, this economical equality brings them to consumerism as their life style. In this case, consumerism is described as women’s natural intuition to express the imagery, dolls up and relevant with Body Capital, that related to the experience of the foursome in their romance

 

Keywords : Economically repression, Consumeris     

Published
2015-12-29
How to Cite
BAYU ADHYTIA, Y. (2015). Consumerism as Life Style in Candace Bushnell’s Sex and The City. LITERA KULTURA : Journal of Literary and Cultural Studies, 3(3). https://doi.org/10.26740/lk.v3i3.13654
Section
Articles
Abstract Views: 111
PDF Downloads: 91