THE REPRESENTATIONS OF LITERACY AS POWER MARKUS ZUSAK’S THE BOOK THIEF

  • NUR ADYANTI J

Abstract

Abstract

Literacy is traditionally understood as a set of cognitive ability to read or to write. New Literacy Studies opposes this traditional belief and see literacy as a set of social practice which involves in the activity of reading and writing. The theme of literacy in the literary works is often overlooked by any other themes as it is seen traditionally. Markus Zusak’s The Book Thief has the theme of the power of words and literacy. This study encounters how literacy in Markus Zusak’s The Book Thief is represented through the activity of reading and writing and how this novel reveal the notions of power among the characters using New Literacy Studies and the study about literacy and power as the underlying theories. Therefore, the method used in this study is the textual analysis using library research. The results show that the literacy events in The Book Thief are represented as power in many aspects of the characters’ lives. Each event manifests the notions of power in several features. First, in the Books Burning event, it is revealed that the Nazi who have dominant power can take control and have authority over the access to books and literatures. The second, the books thieveries by Liesel Meminger exposes the power a person gets from the culmination of fury generated from humiliation and betrayal by people of the ruling class. Third, a powerful book of propaganda, Mein Kampf is considered as a very influential one in the society. This novel depicts that such power carried by Mein Kampf not only invites the approval from one character to spread the propaganda but also invites the signs of resistance from another character.

 

Keywords: literacy, New Literacy Studies, power.

 

Abstrak

Telah lama literasi dipahami sebagai seperangkat kemampuan kognitif membaca dan menulis. Kajian Literasi Baru menampik pemahaman lama ini dan melihat literasi sebagai seperangkat praktik sosial yang termasuk di dalam aktivitas membaca dan menulis. Tema literasi pada karya-karya sastra seringkali terabaikan oleh tema-tema lainnya karena hal ini dilihat dengan pemahaman lama. Novel The Book Thief oleh Markus Zusak bertemakan kekuatan kata kata dan literasi. Studi ini bertujuan untuk mencari bagaimana literasi di dalam novel Markus Zusak berjudul The Book Thief digambarkan melalui aktivitas membaca dan menulis dan bagaimana novel ini  mengungkap konsep-konsep kekuatan diantara karakter-karakter menggunakan Kajian Literasi Baru, dan studi mengenai literasi dan kekuatan sebagai teori dasar. Dengan demikian, metode yang digunakan dalam studi ini adalah dengan analisis tekstual dengan penelitian kepustakaan. Hasil menunjukkan bahwa peristiwa literasi pada novel The Book Thief direpresentasikan sebagai kekuatan di banyak aspek kehidupan para karakter. Masing-masing dari peristiwa tersebut  memperlihatkan konsep-konsep kekuatan pada beberapa fitur. Pertama, pada peristiwa Pembakaran Buku, terungkap bahwa Nazi, yang memiliki kekuasaan paling besar dapat mengontrol dan memiliki kekuasaan atas buku-buku dan literatur. Kedua, pencurian buku yang dilakukan oleh Liesel Meminger mengungkapkan adanya kekuatan yang didapat seseorang sebagai titik puncak dari kemarahan yang disebabkan oleh penghinaan dan pengkhianatan oleh orang-orang kelas atas. Ketiga, buku yang memiliki kekuatan seperti Mein Kampf dianggap sebagai buku yang sangat berpengaruh pada masyarakat sebab buku tersebut memiliki peran-peran dan arti-arti pada banyak orang. Novel ini menunjukkan bahwa kekuatan pada Mein Kampf tidak hanya mengundang dukungan dari sebagian orang untuk menyebar luaskan propaganda, namun juga mengundang tanda-tanda penolakan dari yang lainnya.

 

Kata Kunci: literasi, Kajian Literasi Baru, Kekuatan

 

 

Published
2016-05-14
How to Cite
ADYANTI J, N. (2016). THE REPRESENTATIONS OF LITERACY AS POWER MARKUS ZUSAK’S THE BOOK THIEF. LITERA KULTURA : Journal of Literary and Cultural Studies, 4(2). https://doi.org/10.26740/lk.v4i2.14952
Section
Articles
Abstract Views: 414
PDF Downloads: 232