The Representation of Literacy as Power and Danger in J.K. Rowling’s Harry Potter and theHalf-blood Prince

  • AFIYAH MAGHFIROH

Abstract

Abstrak

Literasi kebanyakan dihubungkan dengan kekuatan yang dapat membuat seseorang menjadi lebih baik atau menyediakan pelarian diri, padahal sebenarnya literasi juga dapat membuat seseorang menjadi lebih buruk dan membahayakan dengan cara yang lain. Perbedaan pandangan tersebut telah membawa literasi ke sudut pandang akademik baru yang dinamakan Studi Literasi Baru. Literasi-literasi dalam Harry Potter dan Pangeran Berdarah Campuran karya J.K. Rowling merepresentasikan lebih banyak bahaya daripada daya karena lebih banyak tokoh yang melihat literasi sebagai bahaya daripada daya. Literasi dimaknai sebagai daya hanya dimata Harry Potter, dalam hal ini, literasi direpresentasikan melalui penghindaran dari kenyataan, perbaikan kelas sosial dan peningkat popularitas. Daya dalam literasi behubungan erat dengan kapital literasi yang telah memungkinkan Harry mendapatkan kapital-kapital lain dengan praktek dan artifaknya. Bahaya dalam literasi adalah kebalikannya; Hermione adalah tokoh yang sering melihat literasi dari sudut pandang ini. Meskipun demikian, Harry dan Ron dalam saat-saat tertentu juga merasa demikan. Bahaya dalam literasi ini direpresentasikan melalui pemicu perlakuan yang berat sebelah, memberikan kesempatan untuk menipu, penurunan kelas sosial dan pemicu bullying. Setengah dari representasi tersebut disebabkan oleh propaganda kementrian sihir dan setengah lainnya disebabkan oleh buku Pangeran Berdarah Campuran.

Kata Kunci: representasi, literasi, daya, bahaya

 

Abstract

Literacy is mostly associated with power that can upgrade people in some ways or provide them escapism while it can also degrade and endanger people in other ways. These different views in literacy have brought it to new perspective of study named New Literacy Studies (NLS). Literacy in J.K. Rowling’s Harry Potter and the Half-Blood Prince is stronger represented as danger than power since more characters see it as danger than as power. Literacy is seen as power only in the eyes of Harry Potter; in this case, the powers of literacy are represented through escapism providing, social class upgrading and entertainments creating. Powers in literacy are hugely related to literacy capital in which enables Harry to acquire more capitals by using literacy practices and artifacts. However, dangers in literacy are the opposite; it is mostly seen by Hermione but in some cases, Harry and Ron also feel it too. Biased-treatment, providing chance-of-fraud, degrading social class and triggering bullying are the representation of literacy as danger. Half of the representations are caused by Ministry of Magic Propaganda and another half is caused by Half-Blood Prince Book.

Keywords: representation, literacy, power, danger

  

Published
2016-05-16
How to Cite
MAGHFIROH, A. (2016). The Representation of Literacy as Power and Danger in J.K. Rowling’s Harry Potter and theHalf-blood Prince. LITERA KULTURA : Journal of Literary and Cultural Studies, 4(2). https://doi.org/10.26740/lk.v4i2.15023
Section
Articles
Abstract Views: 27
PDF Downloads: 81