GENDER IDENTITY DISORDER IN LOUISA MAY ALCOTT’S LITTLE WOMEN

  • NOFA ROCHIMAH

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan gangguan identitas gender seperti yang dialami oleh Josephine sebagai tokoh utama dalam novel Little Women karangan Louisa May Alcott. Permasalahan pertama yang diangkat adalah pemaparan mengenai gejala-gejala timbulnya sifat transgender pada diri Jo. Permasalah kedua menjelaskan faktor-faktor yang berkontribusi terhadap munculnya sifat transgender dari Jo. Permasalahan ketiga adaalah mengungkapkan dampak dari sifat transgender yang dialami oleh Jo bagi dirinya dan keluarganya. Untuk menjawab permasalahan pertama, penelitian ini menggunakan penjelasan gejala-gejala transgender oleh Ensiklopedia Kesehatan Anak dan mengungkapkan sifat transgender dari Jo sebagai gangguan identitas gender dengan menggunakan kriteria diagnostik oleh Diagnostik dan Statistik Manual - Edisi 4 (DSM-IV). Permasalahan kedua dijabarkan dengan menggunakan istilah peran gender. Permasalahan yang  terakhir dijabarkan dengan menggunakan teori humanistik oleh Abraham Maslow. Data diambil dari novel Little Women karya Louisa May Alcott adalah dalam bentuk kutipan, frasa, monolog, dialog, dan deskripsi yang menunjukkan sifat transgender dari Jo sebagai gangguan identitas gender. Oleh karena itu, studi kesusastraan berada di bawah payung pendekatan psikologis dan berdasarkan lensa para transgender. Analisis tersebut mengungkapkan sifat transgender  dari Jo sebagai gangguan identitas gender. Gejala-gejala dan faktor sifat transgender dari Jo digambarkan secara jelas. Aktualisasi diri dari Jo muncul sebagai dampak dari menjadi transgender. Teori humanistik oleh Abraham Maslow akan digunakan untuk mengungkapkan aktualisasi diri dari Jo.

Kata kunci: gender identity, transgender, masculinity, Diagnostic and Statistical Manual – 4th Edition (DSM-IV), self-actualization

Published
2013-01-31
How to Cite
ROCHIMAH, N. (2013). GENDER IDENTITY DISORDER IN LOUISA MAY ALCOTT’S LITTLE WOMEN. LITERA KULTURA : Journal of Literary and Cultural Studies, 1(1). https://doi.org/10.26740/lk.v1i1.1534
Section
Articles
Abstract Views: 272
PDF Downloads: 714