FEMALE MASCULINITY OF FA MULAN AND ITS IMPACT TOWARDS HER RELATIONSHIP WITH MALE CHARACTERS IN DISNEY MOVIE MULAN

  • RETNO SULISTIA

Abstract

Abstract

 

This study is aims at revealing the female masculinity or masculine character reflected in the character of Fa Mulan as depicted in Disney Movie Mulan and how the masculinity of her influences her idea in the relationship with the opposite gender. This literary study employs the concept of masculinity and female masculinity, the concept of gender role and those theories are used to analyze Fa Mulan’s masculinity and its impact on her relationship with male characters. The main data of this study is taken from Disney Movie Mulan in the form of captured scenes that represent the problems of the study. Based on the analysis, this study reveals that: Fa Mulan has more masculine character than feminine. She almost has the entire masculine characteristic in gender stereotypes. Her masculinity also gives impact towards her idea of relationship with her opposite gender.

Keywords: gender stereotype, masculinity, femininity, female masculinity, the concept of masculinity

 

Abstrak

Tujuan ditulisnya skripsi ini adalah untuk membongkar apakah Fa Mulan yang notabenenya seorang gadis, memiliki karakteristik seorang pria dan dia memiliki sikap dan sifat yang kepria-prian. Sangat diketahui bahwa yang memiliki kemaskulinan ialah mereka yang berjender pria dan mereka yang memiliki kefeminitasan ialah mereka yang berjender wanita. Tujuan kedua ialah untuk mengungkapkan bahwa kemaskulinan yang ia miliki juga memiliki andil besar terhadap perkembangan perasaan dan pandangannya terhadap hubungan yang melibatkan asmara terhadap lawan jenisnya. Beberapa teori dan konsep telah disajikan untuk membantu dan mempermudah analisa terhadap karakter Mulan, seperti konsep maskulinitas  oleh Peter Lehman dan wanita maskulin oleh Judith Halberstam, selain itu pandangan tentang stereotype terhadap jender juga dihadirkan untuk mempermudah analisa. Sedangkan data data di peroleh dari film animasi garapan Disney dalam bentuk tangkapan per scene dalam film. Dari hasil analisa didapatkan hasil bahwa Mulan memiliki karakteristik seorang pria dalam dirinya lebih banyak daripada kewanitaannya. Dia hampir memiliki semua karakteristik pria yang disebutkan dalam stereotype jender. Dan, diketahui pula bahwa kemaskulinannya memberikan dampak terhadap prkembangan perasaan dan pandangannya terhadap hubugan berbau asmara dengan lawan jenisnya.

Kata Kunci: jender, maskulin, feminism, wanita masculine, konsep kemaskulinan.  

 

Published
2016-07-26
How to Cite
SULISTIA, R. (2016). FEMALE MASCULINITY OF FA MULAN AND ITS IMPACT TOWARDS HER RELATIONSHIP WITH MALE CHARACTERS IN DISNEY MOVIE MULAN. LITERA KULTURA : Journal of Literary and Cultural Studies, 4(3). https://doi.org/10.26740/lk.v4i3.16319
Abstract Views: 493
PDF Downloads: 388