Discrimination in Alison Cherry’s Red

  • PRITA DYANTI PUTRI

Abstract

Abstrak

Diskriminasi adalah kasus umum yang dimiliki oleh setiap negeri, dengan berjalannya waktu orang-orang menggunakan diskriminasi dengan cara mereka sendiri. Sama halnya yang dilakukan Alison Cherry dalam novelnya, diskriminasi yang dia gunakan adalah diskriminasi berdasarkan warna rambut, disaat pada umumnya, hal yang biasanya menjadi topik dalam diskriminasi ada jenis kulit atau ras. Diskriminator mengekspresikan diskriminasi mereka dalam berbagai cara, dalam bentuk pola berpikir, sikap, pembicaraan, dan aksi mereka. Tujuan dari studi ini adalah untuk mengungkap diskriminasi yang terjadi dalam sosial di novel, mengungkap penyebab diskriminasi, dan mengungkap reaksi Felicity, sebagai tokoh utama dalam novel. Studi ini menggunakan diskriminasi sebagai konsep umumnya dan menggunakan stereotipe dan prasangka sebagai konsep pendukung, yang mana dapat mendorong sikap diskriminasi dalam keseharian orang-orang. Studi ini menunjukkan bahwa  diskriminasi yang ada dalam novel adalah diskriminasi terhadap orang berambut merah dan orang lain yang mempunyai warna rambut yang berbeda, fakta penyebab yang terkandung dalam novel ini adalah media massa yang mencuci otak, pidato walikota, dan menempatkan frasa yang sama di beberapa tempat vital di kota. Hal-hal tersebut membuat orang berambut merah merasa bahwa mereka lebih tinggi daripada orang lain, kemudian mereka mengekspresikan perasaan mereka dengan mendiskriminasi orang lain dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Kata Kunci: diskriminasi, stereotipe, prasangka, psikologi sosial.

 

Abstract

Discrimination is the general case that every country has, by the time people make discrimination in their own ways. As if Alison Cherry use in her novel, the discrimination that she use is discrimination based on hair color, while in general, the thing that usually become the topic of discrimination is skin type or race. Discriminatory expresses his or her discrimination in many ways; it could be by their attitude, behavior, talks, and their action. The purpose of this study is to reveal out the discrimination that happen in the society of the novel, to reveal out the cause of discrimination, and to reveal out the reaction of Felicity, as the main character in novel. This study use discrimination in social psychology as the general concept and use stereotype and prejudice as the supporting concept, which can stimulate discrimination behavior in people’s daily life. This study shows that discrimination, which exist in novel is about discrimination toward redhead people and other people who have different hair color, the causing facts that include in this novel are brain washing mass media, major’s speech, and putting the same phrase in the vital places in the city. Those facts make redheads feel that they are higher than other people, and then they express their feeling by discriminating other people in their daily life.

Keywords: discrimination, stereotype, prejudice, social psychology.   

Published
2016-07-26
How to Cite
DYANTI PUTRI, P. (2016). Discrimination in Alison Cherry’s Red. LITERA KULTURA : Journal of Literary and Cultural Studies, 4(3). https://doi.org/10.26740/lk.v4i3.16325
Abstract Views: 30
PDF Downloads: 114