Mother – Daughter Relationship and Identity in Bernard Shaw’s Mrs. Warren Profession

  • MUHAMMAD

Abstract

Abstrak

Penelitian ini membahas tentang Hubungan Ibu dan Anak Perempuan didrama Mrs. Warren Profession oleh Bernard Shaw. Mrs Warren sang ibu adalah pemilik dari tempat prostitusi yang terdapat dibeberapa kota, sedangkan Vivie adalah anak perempuan yang berpendidikan, yang memiliki harga diri yang tinggi dan menolak pekerjaan ibunya. Shaw membuat adegan pembuka yang menarik didrama ini saat mempersatukan kembali ibu dan anak tersebut yang telah lama berpisah sejak Vivie masih kanak-kanak dan menjadi permulaan konflik dalam Hubungan Ibu dan Anak Perempuan mereka. Penelitianinimenggunakanteori Hubungan Ibu dan Anak Perempuan milik Nancy Chodorow untuk menganalisa hubungan ibu dan anak yang terjadi dalam drama. Chodorow percaya bahwa ibu sebagai sosok utama bagi seorang anak perempuan dalam mengidentifikasikan dirinya sendiri. Seorang anak perempuan akan menjaga hubungan dengan ibunya. Hal ini berbeda dengan ap yangdilakukan oleh anak laki-laki yang cenderung menolak iktan dengan ibunya. Konsep tersebut akan menjadi konsep utama dalam studi kali ini. Penelitian kali ini akan mengemukakan dua permasalahan yang akan dibahas : (1) bagaimna hubungan ibu dan anak tergambarkan didalam drama Mrs. Warren Profession;(2) bagaimana perpisahan yang terjadi antara mereka mempengaruhi dalam pembentukan identitas Vivie. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa hubungan ibu dan anak dipercaya sebagai hubungan yang memliki ikatan yang kuat. Namun itu tidak terjadi didalam hubungan Mrs.Warren dan Vivie.Studi ini juga menemukan bahwa perpisahan antara Mrs.Warren dan Vivie mempengaruhi dalam pembentukan identitas Vivie. Kehilangan sosok ibunya menjadi faktor utama dalam pembentukan identitas Vivie.

Kata Kunci: Keterikatan, Chodorow, Sosok Teladan, Perpisahan.

 

Abstract

This study discusses mother and daughter relationship in Bernard Shaw’s Mrs. Warren Profession. Shaw has chosen an interesting topic as the beginning of the conflict in this play when he reunites a mother and her daughter after living separately for long time. This study employs Nancy Chodorow’s concept of the mother and daughter relationship to examine Vivieand Mrs. Warren relationship. Chodorow believed that mother become the role model for her daughter and also the person which her daughter identify herself with. This study proposes two statements of the problem: (1) how mother and daughter relationship is depicted in Mrs. Warren Profession;(2) how the separation between theminfluences Vivie’s identity formation. The result shows that mother anddaughter relationship,which is believed as the relationship with strong bond and intimacy,does not emerge in the relationship between Mrs. Warren and Vivie. The study also reveals that the separation between Mrs. Warren and Vivie has influenced Vivie’s identity formation since Mrs. Warren is the missing role model for Vivie. The lack of role model makes Vivie difficult to feel the bond between them and finally decide to end her relationship with her mother.

Keywords:Attachment, Chodorow, Role Model, Separation.

Published
2016-08-26
How to Cite
MUHAMMAD,. (2016). Mother – Daughter Relationship and Identity in Bernard Shaw’s Mrs. Warren Profession. LITERA KULTURA : Journal of Literary and Cultural Studies, 4(3). https://doi.org/10.26740/lk.v4i3.17030
Abstract Views: 46
PDF Downloads: 1077