Confrontation of the Animals against Totalitarianism in George Orwell’s Animal Farm

  • RAVENSCA ADI NINGGAR

Abstract

Abstrak

Totalitarianisme adalah salah satu masalah politik sosial yang terdapat dalam karya sastra seperti novel. Napoleon sebagai pemimpin dalam Animal Farm karya George Orwell adalah tokoh yang merefleksikan masalah politik sosial yaitu totalitarianisme. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan totalitarianisme dan konfrontasi terhadapnya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan sosiologi politik. Data diperoleh dari novel Animal Farm yang ditulis oleh George Orwell (1945). Data yang diperoleh diklasifikasi, dianalisis, dan ditafsirkan untuk mendapatkan pemahaman yang dalam tentang hewan-hewan yang berkonfrontasi terhadap totalitarianisme yang dipimpin oleh Napoleon. Untuk meneliti deskripsi totalitarianisme dalam Animal Farm, penelitian ini menggunakan teori totalitarianisme oleh Carl J. Friedrich dan Zbigniew Brzezinski. Penelitian ini juga menggunakan konsep konfrontasi oleh Einav Dinur untuk mengungkap bagaimana hewan-hewan berkonfrontasi terhadap totalitarianisme. Dari penelitian ini, ditemukan bahwa Napoleon menggunakan sistem totalitarian dalam kepemimpinannya  dan memberikan beberapa peraturan untuk mengatur hewan-hewan lain sebagai masyarakat. Karena keserakahannya, ia membuat hewan-hewan menjadi lebih sengsara dari sebelumnya. Karena itu, untuk menghadapi konflik, hewan-hewan mengkonfrontasi sistemnya dalam tiga cara yaitu, melawan, berlari, dan bertahan.

Kata Kunci: totalitarianisme, konfrontasi, studi politik.

 

Abstract

Totalitarianism is one of the social political problem that is consists in the literary works such as novel. Napoleon as the leader in George Orrwell’s Animal Farm is the character that reflects social political problem, totalitarianism. This study is aimed to describe totalitarianism and the confrontation against it. This study is using the descriptive qualitative method with political sociology approach. The data were taken from the novel Animal Farm written by George Orwell (1945). The taken data were classified, analyzed and interpreted to get the deeper understanding about the animals’ confrontation against totalitarianism led by Napoleon. To investigate the description of totalitarianism in Animal Farm, this study using the theory of totalitarianism by Carl. J. Friedrich and Zbigniew Brzezinski. This study is also using the concept of confrontation by Einav Dinur to reveal how the animals confront against totalitarianism. From this study, it is found that Napoleon using totalitarian system in his leadership and give some rulesfor managing other animals as the society. Because of his greedy, he makes the animals become more miserable than before. Because of that, to face the conflict, the animals confront his system in three ways, they are hit, run, and stand.

Keywords:totalitarianism, confrontation, political studies.

 

 

Published
2017-07-22
How to Cite
ADI NINGGAR, R. (2017). Confrontation of the Animals against Totalitarianism in George Orwell’s Animal Farm. LITERA KULTURA : Journal of Literary and Cultural Studies, 5(3). https://doi.org/10.26740/lk.v5i3.20592
Section
Articles
Abstract Views: 156
PDF Downloads: 158