PEOPLE’S TRAUMA IN PRE-FRENCH REVOLUTION ERA  VICTOR HUGO’S LES MISERABLES

  • MERRY DARMA PUSPITA

Abstract

Abstrak

      Trauma adalah rasa ketakutan emosional secara psikologis yang terjadi dalam kehidupan manusia. Kejadian yang sangat kelam dalam kehidupan atau pengalaman yang berkaitan dengan kekerasan bisa terjadi pada setiap jiwa-jiwa manusia. Orang-orang yang mengalami trauma sebagian besar tidak bisa mengontrol diri mereka sendiri dalam rasa ketakutan dan emosi yang di alami. Dan trauma yang meraka alami juga sering kali mempengaruhi kehidupan orang lain atau terkadang kebetulan mereka mengalami trauma akibat pengalaman dari suatu kejadian yang sama.

Menurut Robinson Lawrence dan Jeanne (2014) traumatic adalah hal yang bersifat subjektif. Ketika suatu kejadian dapat membuat seseorang terancam, tidak berdaya, dan ketakutan, maka kejadian tersebut sudah dapat dikatakan sebagai pengalaman traumatik. Skripsi ini memfokuskan pada trauma yang terjadi pada Jean Valjean, Fantine dan Cossete dalam novel Les Miserables oleh Victor Hugo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan bagaimana trauma yang terjadi pada tiga tokoh tersebut pada Pra-Revolusi Perancis yang digambarkan Les Miserables oleh Victor Hugo, dan bagaimana mereka mengatasi trauma pada diri mereka akibat penderitaan yang mereka alami selama Pra-Revolusi Perancis. Skripsi ini menggunakan beberapa proses analysis 1. Menganalisa kepribadian tiga tokoh dilakukan dengan menggunakan dua teori psikologi sastra, yaitu teori psikologis Garrison-D.Force dan Stamm. Analis ini dibagi ke dalam dua tahap, yaitu pengalaman hidup beberapa tokoh yang Trauma dalam kehancuran karena pengaruh besar dari Pra- Revolusi Perancis. Mereka tidak diterima lingkungannya dan hanya dianggap menjadi sampah masyarakat serta hal ini membawa pengaruh dampak pikiran alam bawah sadarnya pada masa itu. 2. Metode yang digunakan dalam menjabarkan proses analisis adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Dalam pengumpulan data digunakan metode kepustakaan. Hasil analisa yang didapatkan adalah bahwa pengalaman hidup beberapa tokoh yang hancur akibat perang Pra-Revolusi Perancis dan tidak diterima oleh lingkungannya selama masa itu ternyata secara tidak sadar berpengaruh terhadap pengalaman hidupnya dalam beberapa puluh tahun kemudian. Oleh karena pengalaman hidup mereka yang penuh dengan pengalaman buruk, akibat dampak Pra- Revolusi Perancis mereka mendapatkan Trauma yang sangat hebat dan mempengaruhi dampak psikologinya seperti menjadi terobses imenjadi penjahat, pelacuran karena keadaan desakan lingkungan Pra-Revolusi pada saat itu benar-benar membuat batin mereka penuh gejolak dan penuh tekanan.

Kata Kunci: Trauma, Dampak Psikologis, Pra-Revolusi Perancis

 

Abstract

Trauma is an emotional psychological fears that occur in human life. The incidents of very dark come in their life or experiences related to violence can happen to any human being souls. People who are traumatized largely cannot control themselves in a fear and emotion experienced. And the trauma they experienced too often affect to the lives of another people or sometimes by chance they were traumatized by the experience of a similar incident.

According to Robinson, Lawrence and Jeanne (2014) traumaticis subjective things. When an event can make a person in danger, helplessness, and fear, then the event can already be said to be a traumatic experience. This thesis focuses on the trauma that happened to Jean Valjean, Fantine and Cossete in the novel Les Miserables by Victor Hugo. The purpose of this study was to describe how the trauma that occurred in the three figures in the Pre-Revolutionary France described Les Miserables by Victor Hugo, and how they resolve with trauma on themselves as a result of the hardships endured during the Pre-Revolutionary France. This thesis uses some process analysis, they are (1). Analyzing the personality of the three characters is using two psychological theory of literature, the psychological theory Garrison-D.Force and Stamm. This analysis is divided into two stages, that is the life experience some character trauma in ruin because of enormous influence of Pre-Revolutionary France. They are not acceptable in the social environment and only considered to be the dregs of society and this brings the influence of the impact of the subconscious mind at the time. 2. The method used in describing the process of analysis is qualitative descriptive method. In the data collection methods used literature. The results of the analysis obtained is that life experience several prominent war-ravaged pre-French Revolution and was not accepted by the environment during that time turned out to unconsciously influence on his life experiences in a few decades later. Because of their life experience filled with a bad experience, due to the impact of the French Revolution Pre- they get very severe trauma and affects the psychological impact such as being obsessed with becoming criminals, prostitution because the state of the environment insistence Pre-Revolution at that time really makes their inner tumultuous and stressful.

Key Word: Trauma, Psychological Impact, Pre-French Revolution 

Published
2017-07-22
How to Cite
DARMA PUSPITA, M. (2017). PEOPLE’S TRAUMA IN PRE-FRENCH REVOLUTION ERA  VICTOR HUGO’S LES MISERABLES. LITERA KULTURA : Journal of Literary and Cultural Studies, 5(3). https://doi.org/10.26740/lk.v5i3.20597
Section
Articles
Abstract Views: 64
PDF Downloads: 84