WOMAN’S ROLES IN A MAN DOMINATED SOCIETY IN CHAROL SHIELD’S THE STONE DIARIES

  • NURMA ZAZA KURIN'IN

Abstract

Abstract

Penelitian ini berkaitan dengan peran wanita dalam masyarakat  yang didominasi pria dialami oleh Daisy di novel The Stone Diaries karya Carol Shields Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Menggambarkan Peran wanita di novel The Stone Diaries karya  Carol Shields, (2) Mengungkap Proses konstruksi dari  Peran wanita di novel  The Stone Diaries karya Carol Shields. Dalam mengeksplorasi penelitian ini, beberapa konsep feminisme menjadi kunci untuk menganalisis apa yang tersembunyi di dalam cerita seperti feminisme oleh Kate Millet, karakterisasi peran perempuan oleh Mansour Fakih, konsep perbedaan dengan Michelle Barret, kelompok teori diredam oleh Cheris Kramarae dan artikel lain yang berhubungan dengan penelitian ini. Studi ini menemukan bahwa karakter Daisy menggambarkan status wanita dan posisi wanita dalam masyarakat dan keluarga. Bagaimana masyarakat mengkonstruksi  peran bagi mereka, yang cenderung untuk mengalahkan mereka dan perjuangan perempuan dalam mencapai hak-hak yang sama dengan laki-laki. Masyarakat menyebutkan bahwa peran perempuan hanya terkait dengan urusan rumah tangga seperti memasak, merawat anak-anak, patuh kepada suaminya dan bergantung. Daisy terpinggirkan oleh beberapa peran dalam masyarakat yang diatur untuknya. Sikap masyarakat terhadap wanita mengarah kepada ketidakseimbangan dan ketidaksamaan hak-hak  antara pria dan wanita. Sementara itu, proses konstruksi peran wanita dapat dilihat pada tingkat yang berbeda dari pria dan wanita, seperti wanita tidak memiliki hak untuk melakukan pekerjaan dan wanita tidak memiliki kesempatan untuk membangun karir. Perempuan tidak memiliki kesempatan yang sama dengan laki-laki hampir dalam aspek kehidupan, seperti aspek ekonomi, sosial, dan pendidikan.

Kata Kunci: Feminis, Peran Wanita, Dominasi Pria

Abstract

This study deals with woman’s roles in a man dominated society experienced by Daisy in Carol Shield’s The Stone Diaries. The purposes of this study are: (1) Depicting the Woman’s Roles in Carol Shields’s The Stone Diaries; (2) Revealing the Construction Process of Woman’s Roles in Carol Shields’s The Stone Diaries. In exploring the study, some concepts of feminism becomes the key to analyze what are hidden in the story such as feminism by Kate Millet, the characterization of women’s role by Mansour Fakih, concept of difference by Michelle Barret, the muted theory group by Cheris Kramarae and any other article which are related with the study. The study finds out that the character of Daisy illustrates the women’s status and women’s position in society and family. How society constructs the roles for them, which tends to defeat them and the women’s struggle in reaching the equal rights as men The society construction mentions that women’s role is just related to the domestic affair such as cooking, taking care to the children, being submissive to her husband and being dependent. Daisy is marginalized by some roles in the society which are arranged for her. The society attitudes toward women lead into the imbalance and unequal rights between man and woman. Meanwhile the construction process of woman’s roles can be seen in different level of man and woman, such as woman does not have right to do man’s work and woman does not have chance to build a career. Women do not have the equal chance as men in almost aspect of life, such as economical, social, and educational aspect.

Keywords: Feminism, Woman’s roles, Man domination

Published
2013-05-22
How to Cite
ZAZA KURIN’IN, N. (2013). WOMAN’S ROLES IN A MAN DOMINATED SOCIETY IN CHAROL SHIELD’S THE STONE DIARIES. LITERA KULTURA : Journal of Literary and Cultural Studies, 1(2). https://doi.org/10.26740/lk.v1i2.2489
Abstract Views: 28
PDF Downloads: 132