THE GOODNESS SYMBOLS OF CICERO’S POLITICAL VIEW IN ROBERT HARRIS’S CONSPIRATA

  • LITA ROSITA K.

Abstract

Abstrak

Kajian ini adalah untuk menyingkap lambang-lambang kebaikan pada diri Cicero dalam pandangan politiknya yang di gunakan Robert Harris untuk menjelaskan arti tersembunyi di dalam novel tersebut.  Lambang-lambang kebaikan tersebut muncul untuk menguatkan arti sebenarnya dengan melalui karakter dan latar tempat. Arti dari lambang-lambang kebaikan itu sendiri berhubungan dengan banyaknya persoalan dalam pandangan dunia politik dari novel tersebut. Arti dari lambang-lambang itu saling berkaitan untuk mendukung karakter Cicero sebagai contoh sifat kebaikan dilihat dari sisi politik dalam dirinya. Kebaikan tersebut muncul dari arti lambang-lambang tersebut dan membuktikan apa yang sebenarnya disebut sebagai hal baik dalam dunia politik.  Hal ini saling berhubungan antara arti dari lambang-lambang tersebut dan kebaikan yang dimaksudkan sebagai eksistensi atas karakteristik pemikiran seseorang dan praktik politk sebagai pemimpin bangsa. Teori lambing-lambang dari Frye, Ilmu Bahasa, dan konsep politik membantu kajian ini dalam menganalisa dan menjelasan bagaimana lambang-lambang tersebut dapat menjadi lebih bermakna didalam pengartian itu sendiri. Ilmu bahasa mendukung analisa dari lambang-lambang tentang bagaimana sebuah bahasa dari hasil percakapan memunculkan arti yang ada dalam novel tersebut. Konsep politik menyingkap apa sebenarnya hal baik yang ada dalam praktik politik dari novel tersebut. Kajian ini menunjukkan bahwa lambang-lambang kebaikan di dalam pembahasan ini menuntun orang-orang dan para politikus besar tentang bagaimana politik itu seharusnya dijalankan. Lambang-lambang dan kebaikan (hal baik) di dalam politik kembali diulas di Roma beberapa tahun yang lalu dan bagaimana hal ini dapat mempengaruhi praktik politik yang ada dibarat.   

Kata Kunci: Lambang-lambang, Kebaikan, dan Konsep Politik

 

Abstract

This study is to reveal the goodness symbols of Cicero’s political view that Robert Harris used to explain the hidden meaning in his novel, Conspirata. The goodness symbols appear to emphasize the real meaning with the characters and settings. The meaning of goodness symbols itself connected with many issues in political views from the novel. The symbols meaning is closely related to support Cicero’s goodness character in political point of view. The goodness thing come from meaning of the symbols and proof what is exactly called as goodness in politics. It is correlation between meaning of symbols and goodness signify the existence of people’s mind characteristic and people’s practice in politics as a leader of nation. Theory of symbols of Frye, semiotics and concept of politics help the study to analyze and explain how the symbol can be significant in meaning. Semiotics supports the analysis of symbol in how the language from the conversation reveals the deep meaning. Concept of politics signifies what is exactly the goodness thing in political practice from the novel. The study shows that goodness symbols in the study lead people and other great politicians how the politic should be. Symbols and the goodness in politic reviewed Rome in many years ago and how it can influence many politic practices in west.

Keywords: The Symbols, Goodness, and Concept of Politic

 

Published
2013-05-24
How to Cite
ROSITA K., L. (2013). THE GOODNESS SYMBOLS OF CICERO’S POLITICAL VIEW IN ROBERT HARRIS’S CONSPIRATA. LITERA KULTURA : Journal of Literary and Cultural Studies, 1(2). https://doi.org/10.26740/lk.v1i2.2613
Abstract Views: 19
PDF Downloads: 52