TRAGEDY IN ARTHUR MILLER’S THE CRUCIBLE

  • AGUNG PRASETYO N

Abstract

Skripsi ini ditulis untuk mengungkap  kode etik Bushido sebagaimana digambarkan pada salah satu karakter utama pada novel Taiko, Oda Nobunaga. Bushido itu sendiri adalah aturan tak tertulis bagi para samurai yang mana berfungsi sebagai kode panduan bagi setiap pejuang di negeri matahari terbit. Terdapat tujuh unsur dalam Bushido yang terdiri dari keadilan, keberanian, kejujuran, kesopanan, kemurahan hati, kehormatan, dan kesetiaan. Skripsi ini akan menjelaskan pengertian tentang setiap unsur tersebut dan menyertakan contoh kasus mengenai tiap unsur pada jaman pertengahan di Jepang. Pada rumusan masalah kedua, skripsi ini akan mendiskusikan efek unsur-unsur Bushido yang telah dilakukan Nobunaga sebagaimana semua unsur tersebut mengubah jalannya usaha penyatuan Jepang. Skripsi ini akan menggunakan referensi dari novel dan beberapa buku sumber lainnya untuk menentukan permasalahan dan mengungkap unsur-unsur Bushido. Skripsi ini juga akan menggunakan acuan bertema samurai untuk menyesuaikan penjelasan yang berkaitan dengan penerapan Bushido pada abad pertengahan. Lebih jauh lagi, skripsi ini akan mengutip beberapa kejadian dalam  novel untuk menjelaskan contoh perilaku Bushido sebagaimana  dilakukan oleh Nobunaga dan beberapa kejadian lainnya sebagai efek dari perilaku tersebut. Dengan demikian, skripsi ini bisa menjelaskan dan mengungkap tentang bagaimana kode etik Bushido diterapkan oleh Oda Nobunaga dan efek-efek dari tindakan  tersebut dalam usaha Nobunaga dalam mempersatukan Jepang.

Kata Kunci: Keadilan, Keberanian, Kejujuran, Kemurahan Hati, Kesopanan, Kehormatan, Kesetiaan.

 

Abstract

This thesis intends to reveal the Bushido ethical code as depicted in one of the main character of Taiko, Oda Nobunaga. Bushido itself, as unwritten code of samurai, is guidance code for every warriors in the Land of Rising Sun. There are seven elements in Bushido consist of Justice, Courage, Sincerity, Politeness, Benevolence, Honor, and Loyalty. The thesis will explain the definitions of every elements as well as some examples of how the code were conducted in medieval Japan. In the second problem in the thesis will discuss about the effects of these elements which were done by Nobunaga as it turn the tide of his unification campaign. The thesis will use references from novel and several source books to define the problems and reveal the elements of Bushido. The thesis also use several samurai- related references to further explain the elements of Bushido in medieval Japan to help the revelations of the problems. Further, the thesis take some events in the novel as the examples of Bushido conducted by Nobunaga and some following events as effects of his conducts. Thus, the thesis managed to reveal how Bushido depicted in Oda Nobunaga and the effects of his conducts toward the unification of Japan.

Keywords: Justice, Courage, Sincerity, Benevolence, Politeness, Honor, Loyalty.

 

Published
2013-07-12
How to Cite
PRASETYO N, A. (2013). TRAGEDY IN ARTHUR MILLER’S THE CRUCIBLE. LITERA KULTURA : Journal of Literary and Cultural Studies, 1(3). https://doi.org/10.26740/lk.v1i3.3226
Abstract Views: 28
PDF Downloads: 59