Resistance of colonization in the novel Sea of Poppies by Amitav Ghosh

  • Meylia Santana Setia Dinanti English literature

Abstract

Abstract

 

Mengalami penjajahan untuk waktu yang cukup lama dapat membuat kelompok yang tertindas melakukan cara untuk menormalkan ketidak adilan dan membenarkan tindakan penindasan atau penjajahan. Novel  karya Amitav Ghosh yang berjudul sea of Poppies (2008)   yang dipresentasikan oleh Deeti, adalah sebuah novel yang mempresentasikan tentang penjajahan yang terjadi di India dan masyrakat adat yang menerima banyak ketidak adilan. Penjajahan tersebut dilakukan bertujuan untuk mengambil hasil alam dan mengeksploitasi manusia secara besar-besaran, yang akan menguntungkan pihak Inggris dan akan menyebabkan kerugiaan yang banyak untuk masyarakat India. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang bagaimana kolonisasi terhadap masyrakat adat serta untuk mengetahui bagaimana efek kolonisasi yang mengakibatkan perlawanan sebagai cara untuk menemukan keadidalan untuk manusia. untuk membantu dalam menganalisis teks, penilitian ini menggunakan teori poskolonialisme dan teori resistence. Pertama menggunakan Teori Fanon dan kemudian menggunakan Teori dari Homi K.Babha tentang poskolonialesme. Hasil dari analisis menunjukan bahwa Deeti dan masyarakat India mengalami penjajahan yang mengakibatkan berjuang untuk melawan ketidakadilan. Hal ini menunjukan bahwa keadaan Deeti cocok dan memiliki relevansi akurat dengan teori tersebut.

Kata kunci: Kolonialisme,Postcolonialisme,Efek,Resistensi.

Abstract

 Experiencing colonization for a long enough time can make an oppressed group take steps to normalize injustice and justify acts of oppression or occupation. Amitav Ghosh's novel, Sea of ​​Poppies (2008), presented by Deeti, is a novel that presents the colonialism that occurred in India and indigenous peoples who accept many injustices. The occupation was carried out aimed at extracting natural products and exploiting humans on a large scale, which would benefit the British and would cause great loss to the Indian people. This study aims to analyze how the colonization of indigenous people is as well as to find out how the effects of colonization lead to resistance as a way to find justice for humans. To assist in analyzing the text, this study uses the theory of postcolonialism and the theory of resistance. First using Fanon Theory and then using Homi K. Babha's Theory of postcolonialism. The results of the analysis show that Deeti and Indian society experienced colonialism which struggled to fight injustice. This shows that Deeti's circumstances are suitable and have accurate relevance to the theory.

Keywords:  Colonialism, Postcolonialism, Effects, Resistance.

Published
2021-07-16
How to Cite
Dinanti, M. S. (2021). Resistance of colonization in the novel Sea of Poppies by Amitav Ghosh. LITERA KULTURA : Journal of Literary and Cultural Studies, 8(3), 32-38. https://doi.org/10.26740/lk.v8i3.37525
Section
Articles
Abstract Views: 74
PDF Downloads: 414