The Construction of African-American Identity in Langston Hughes’ Mulatto

  • SURYA NINGSIH

Abstract

 

 

Penelitian ini bertujuan untuk membahas permasalahan yang ada pada drama Mulatto yang ditulis oleh Langston Hughes. Drama Mulatto menyuguhkan isu tentang identitas keturunan orang Afrika-Amerika, khususnya terhadap Robert, tokoh utama dalam drama sebagai seorang keterunan Afrika Amerika yang bergumul dalam dunia orang kulit putih. Dengan mengangkat topik diatas, penelitian ini bertujuan untuk menampilkan konstruksi identitas seorang keturunan Afrika-Amerika yang terperangkap antara dua budaya, yaitu budaya orang kulit hitam dan orang kulit putih. Pemilihan istilah kata Afrika-Amerika dengan menggunakan garis sambung adalah dikarenakan konflik yang terjadi tidak hanya membahas keberadaan masyarakat kulit hitam yang tinggal di Amerika, namun lebih kepada bagaimana karakter mereka menjadikan mungkin bagi mereka untuk berperan sebagai orang Afrika maupun orang Amerika. Adanya garis sambung tersebut melambangkan identitas yang tidak terlepas dari pengaruh Afrika dan Amerika. Selanjutnya, teori-teori yang diterapkan dalam penelitian ini adalah dalam bentuk kombinasi antara teori identitas dan karakteristik-karakteristik pengalaman masyarakat keturunan Afrika-Amerika seperti konsep Racism, Double Consciousness, dan Black Vernacular. Dengan menerapkan konsep-konsep diatas kepada permasalahan utama yang muncul pada drama, ditemukan bahwa dalam proses pencarian identitasnya yang sesungguhnya, Robert mengalami kesadaran ganda sebagai hasil dari diskriminasi rasial yang dilakukan oleh orang Amerika. Dalam situasi ini, masyarakat keturunan Afrika-Amerika selalu dipandang sebagai objek yang rendah, sementara masyarakat kulit putih Amerika adalah objek yang unggul. Disamping itu, kondisi ini juga menuntun Robert pada kesadaran ganda nya dan hal ini membentuk karakternya. Identitas ganda Robert terbentuk dari setiap ketidakadilan yang dia hadapi sepanjang hidupnya, baik dari salah seorang anggota keluarganya, yaitu ayahnya yang merupakan seorang kulit putih, maupun oleh masyarakat dilingkungannya. Selain itu, identitas ganda Robert juga termasuk dalam hal tradisi untuk berbicara bahasa khas orang kulit hitam. Dengan demikian, konstruksi identitas Robert sebagai keturunan Afrika-Amerika adalah ganda. Identitas Robert selalu berproses dan bertentangan antara dua budaya yaitu budaya orang kulit hitam dan kulit putih.

 

Kata Kunci: Keturunan Afrika-Amerika, mulatto, identitas, budaya, ras, minoritas dan penolakan peran orang tua

 

Abstract

 

This study attempts to discuss the issue raised in drama Mulatto written by Langston Hughes. The drama presents the issue of African-American identity particularly towards the main character, Robert, as an African-American who lives in the White world. By raising the topic above, this study aims to present the construction of an African-American identity which is being caught between two cultures: Blacks and Whites. The term African-American with ‘dash’ is preferably used in this study because the conflict not only deal with Black people who exist in America, however, it discusses how their character makes it possible for them to become both African and American. The hyphen symbolizes the identity which is not apart from the African and American influences. Furthermore, the writer applies the combination of critical theories among Identity theory and the characteristics of African-Americans cultural experiences such as the concept of Racism, Double Consciousness and Black Vernacular. By applying those concepts in relation to the main problem raised in the drama, it is found that in the process of searching his real identity in his life, Robert experiences “double” identity as the result of racial discrimination done by White Americans. In this situation, African-Americans are always seen as the inferior subject, while the White Americans are the superior. Besides, this condition also leads Robert to the stage of double consciousness and it constructs his identity. Robert’s double identity is constructed from every inequality that he faced throughout his life, both from one of the member of his family, which is his White father, and also by the surrounding society. Moreover, Robert’s double consciousness involves the practice of Black Vernacular tradition. Thus, the construction of Robert’s African-American identity is “double”. His identity is always conflicting between two cultures: Blacks and Whites, and it is always in process.

 

Keywords: African-Americans, mulatto, identity, culture, race, minority and parental refusal

 

Published
2013-08-15
How to Cite
NINGSIH, S. (2013). The Construction of African-American Identity in Langston Hughes’ Mulatto. LITERA KULTURA : Journal of Literary and Cultural Studies, 1(3). https://doi.org/10.26740/lk.v1i3.3819
Abstract Views: 115
PDF Downloads: 978