ANNE’S EXTRAVERSION AND ITS MAJOR CAUSES IN LUCY MAUD MONTGOMERY’S ANNE OF GREEN GABLES

  • NUR AFNI FINANSIA

Abstract

 

Tesis ini difokuskan pada sisi luar seorang anak seperti yang terlihat dari novel Anne of Green Gables yang ditulis oleh Lucy Maud Montgomery. Novel ini telah dipilih karena memiliki banyak faktor yang berhubungan dengan kepribadian Anne, terutama sisi luar kepribadian yang dimiliki oleh Anne. Pengembangan kepribadian adalah kualitas dan fakta dari seorang individu atau wakil dari sikap dan pemikiran oleh seorang individu. Pengembangan kepribadian adalah contoh kasus yang sangat umum, yang selalu menjadi bahasan utama dalam lingkungan kita. Dari awal sampai akhir cerita, pengembangan kepribadian cukup layak dalam novel, terutama pada sisi luar kepribadian Anne. Extraversion adalah tindakan, hal, atau kebiasaan yang berkaitan dengan dan untuk mendapatkan kepuasan dari segala yang berada di luar. Namun, Anne of Green Gables memiliki banyak faktor melalui cerita dan konflik yang muncul dalam cerita dan menarik untuk dianalisa. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran singkat tentang seorang penulis yang betrnama Lucy Maud Montgomery melalui karakter utama pada novel Anne of Green Gables. Sumber data dalam penelitian ini diambil dari novel Anne of Green Gables sebagai data utama. Ini termasuk kutipan dan pernyataan dari novel yang berkaitan dengan teori-teori pendukung. Penelitian utama menunjukkan bahwa kasus extraversion terjadi dalam cerita. Extraversion dipengaruhi oleh lingkungan dan pengalaman sepanjang kehidupan karakter utama. Banyak penyebab yang dialami oleh tokoh utama, seperti kasih sayang dari orangtua asuh Anne, persahabatan yang membentuk persaudaraan dengan tokoh utama, yakni Anne, dan motivasi besar dari lingkungan yang membuat Anne ingin menjadi lebih baik. Selain itu, banyak efek yang dialami oleh karakter utama, seperti: karena kasih sayang dari semua orang di lingkungan Anne, ia telah menjadi, seorang anak yang pintar, bijaksana, dan seorang gadis yang selalu tenang menghadapi hidupnya di masa depan. Yang pada khirnya, dia bisa mengambil keputusan yang benar untuk tetap tinggal di Green Gables.

Kata Kunci: kebajikan, sisi luar, kepribadian, tipe.

 

Abstract

This thesis is focused on extraversion as seen from the novel Lucy Maud Montgomery’s Anne of Green Gables. This novel has chosen because it has many applications that relate with Anne’s type personality, especially Anne’s extraversion. Personality development is a quality and the fact of an individual or the representative of the attitude and thinking by an individual. Personality development is commonly case that always be top discuss in our surroundings. From beginning to the ending of the story, the term personality development is quite feasible in the novel, especially in Anne’s extraversion. Extraversion is the act, state, or habit of being predominantly concerned with and obtaining gratification from what is outside the self. However, Anne of Green Gables has many extraversion applications through the story and the conflicts which appear in the story and interesting to be analyzed. The main purpose of this study is to give a brief description of Lucy Maud Montgomery’ literary in Anne of Green Gables through the main characters of the novel. Data sources in this study are taken from the novel Anne of Green Gables as the main data. It includes the quotations and the statements from the novel which are related to the supporting theories. The main study shows that the case of extraversion happens in the story. Extraversion is influenced by the environment and the experience along the main character’s life. Many causes that are experienced by the main character, such as the affection from Anne’s foster parents, friendships form Anne’s siblings, and big motivation from Anne’s surroundings that made her want to be better.  Beside it, many effects that is experienced by the main character, such as: because of the affection from all people in Anne’s surroundings, she had been a calm, brilliant, and wise girl to face her life in her future. Finally, she can take the true decision of her choice to stay in Green Gables.

Keywords: benefaction, extraversion, personality, type.  

 

Published
2013-08-15
How to Cite
AFNI FINANSIA, N. (2013). ANNE’S EXTRAVERSION AND ITS MAJOR CAUSES IN LUCY MAUD MONTGOMERY’S ANNE OF GREEN GABLES. LITERA KULTURA : Journal of Literary and Cultural Studies, 1(3). https://doi.org/10.26740/lk.v1i3.3822
Abstract Views: 111
PDF Downloads: 199