POWER RELATION IN TAHMIMA ANAM’S THE GOOD MUSLIM

  • WULAN FEBRIYANTI

Abstract

Penelitian tentang relasi kekuasaan menarik untuk dibahas karena kekuasaan adalah bagian dari kehidupan. Umumnya,kekuasaan diartikan sebagai daya atau pengaruh yang dimiliki oleh individu atau lembaga untuk memaksakan kehendak kepada orang lain. interpretasi kekuasaan tersebut telah digunakan oleh pemerhati sejarah, politik, dan sosial. Karya sastra sebagai produk sosial masyarakat dan ekspresi sosial juga dapat mengandung kekuasaan, seperti yang terlihat dalam novel berjudul The Good Muslim. Dalam novel tersebut relasi kekuasaan digunakan sebagai strategi kekuasaan yang menyebar dalam seluruh jalinan perhubungan sosial yang bersifat positif dan produktif dan diarahkan pada tubuh individu. kekuasaan juga memiliki peran penting dalam mendominasi orang lain. Hal ini dimungkinkan orang yang kuat mendominasi orang tak berdaya. Dalam pelaksanaan kekuasaan dibutuhkan mekanisme disiplin agar individu menjadi patuh dan mudah diatur. Penelitian yang berjudul Power Relation in Tahmima Anam‘s The Good Muslim menggunakan teori kekuasaan Foucault dalam rangka untuk mengetahui bentuk relasi kekuasaan yang ada dalam novel antara karakter yang kuat dan yang tak berdaya. Tujuan dari penelitian ini juga menjelaskan resistensi tokoh Maya dan Zaid melawan dominasi kekuasaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa relasi kekuasaan antarindividu yang terjalin dalam kehidupan keluarga, agama dan masyarakat mendorong terjadinya individu-individu yang menggunakan kekuasaan dan mengalami kekuasaan.Pelaksanaan kekuasaan atas tubuh individu dapat dilihat dari bagaimana tokoh yang berkuasa mendominasi tokoh yang tak berdaya. Dominasi terjadi karena adanya ketimpangan dan ketidakseimbangan antar tokoh. kekuasaan dihadirkan dengan aturan dan norma sosial yang bertujuan untuk membuat orang patuh dan tunduk pada aturan yang berlaku di masyarakat dan keluarga. Adanya mekanisme disipliner atas tubuh dalam keluarga dan masyarakat dihadirkan dalam bentuk agama yang berfungsi untuk mengawasi dan mengontrol perilaku individu. Hal ini memberikan dampak kekuatan yang positif dan produktif dalam rangka untuk membentuk individu yang disiplin.
Kata kunci: relasi kekuasaan, mekanisme disiplin, dominasi, resistensi
Abstract
Research on power relation is interesting to discuss because of power is part of life. Generally, power interprets as effort or influence which possessed by individual or an institution to impose its will to other people. That interpretation of power has been used by observer of history, politics, and social. Literary work as a social product of society and social expression can also contain power; it seen in novel entitled The Good Muslim. In the novel power relation is used as authority strategy that spread through positive and productive social connection that focuses on body of individual. Power also have important role in dominate other people. It is possible for powerful dominate the powerless people. In the implementation of power needs discipline mechanism in order individual become obedient and easy to set up. This study, entitled Power Relation in Tahmima‘s Anam The Good Muslim is using Foucault‘s concept of power in order to find out the form of power relations exist within relationship between powerful and powerless characters. The purpose of this study also describes the resistances of character Maya and Zaid against the domination of power. The result shows that the power relation between individuals based on family contact, religion, and society can possibly force us to use or being used by power. The exercise of power over the individual's body can seen from how powerful character dominate powerless character. Domination occurs because of the inequality and imbalance among characters. Power presented with the rules and social norm that aim to make people obey and comply with rules which applied in society and family. The existence of disciplinary mechanisms over the body in the family and society are presented in the form of religion which serves to oversee and control individual‘s behavior. It is give the impact of the power that is positive and productive in order to form a disciplined individual.
Keywords: power relation, discipline mechanism, domination, resistance

Published
2013-08-16
How to Cite
FEBRIYANTI, W. (2013). POWER RELATION IN TAHMIMA ANAM’S THE GOOD MUSLIM. LITERA KULTURA : Journal of Literary and Cultural Studies, 1(3). https://doi.org/10.26740/lk.v1i3.3844
Abstract Views: 222
PDF Downloads: 212