DYSFUNCTIONAL FAMILY AND ITS IMPACTS ON VERONICA’S LIFEIN ANNE ENRIGHT’S THE GATHERING

  • LAILI ALFI ARFIYATIN

Abstract

Keluarga adalah tempat pertama dan fondasi bagi anak untuk belajar tentang kehidupan. Dalam keluarga, anak-anak menerima kebutuhan psikososial sebagai fondasi. Namun, terkadang keluarga tidak dapat melaksanakan fungsinya dengan baik. Anak-anak kadang-kadang membenci orang tua mereka dan sebaliknya orang tua menyalahkan anak-anak karena kenakalan mereka. Kondisi ini disebut disfungsi keluarga. Hal ini telah menjadi isu yang terjadi di seluruh dunia. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini diadakan untuk menjelajahi lebih lanjut tentang disfungsi keluarga yang direpresentasikan dalam novel Anne Enright yang berjudul The Gathering. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini terkait dengan penggambaran disfungsi keluarga dan dampaknya terhadap kehidupan anak yang diwakili oleh seorang karakter anak dalam novel, Veronica. Konsep psikologi modern yang membahas tentang bagaimana sebuah keluarga dapat menjadi disfungsi karena beberapa faktor seperti kebiasaan buruk, keluarga dan masalah-masalah sosial yang mempengaruhi dan berkontribusi terhadap perilaku agresif atau kekerasan yang digunakan untuk mengungkapkan keluarga yang disfungsional. Kemudian konsep perkembangan anak digunakan untuk mengungkapkan dampak disfungsi keluarga pada perkembangan kehidupan anak. Analisis data menunjukkan bahwa keluarga di novel Anne Enright berjudul The Gathering merupakan keluarga yang disfungsi. Hal ini terbukti ada fungsi keluarga yang tidak bekerja dengan semestinya. Selain itu, ada juga disfungsi pola asuh yang menghantarkan keluarga dalam novel The Gathering menjadi keluarga yang memiliki ciri-ciri disfungsi keluarga. Oleh karena itu, disfungsi keluarga membuat Veronica tidak dapat memaafkan ibunya. Sebagai seorang perempuan dewasa dia bingung dengan perannya sebagai seorang ibu dan tidak bisa mengurus keluarganya sendiri. Disfungsi keluarga juga membuatnya resah dan menderita terhadap kehidupannya. Selain itu, disfungsi keluarga juga mengarahkannya kepada kenakalan remaja, menjadi lost child, dan caretaker.
Kata Kunci: Psikologi, psikologi modern, Keluarga, Disfungsi Keluarga, disfungsi pola asuh.
Abstract
Family is the first place and foundation for children to learn about life. In the family, children receive the psychosocial needs as the foundation of the family. However, sometimes family cannot fully carry out its functions well. Children sometimes hate their parents and otherwise the parents blame their children for the delinquency. This condition called dysfunctional family. Recently, it has become issue happened around the world. Based on that issue, this journal explains about dysfunctional family as represented in Anne Enright’s The Gathering. The problems discussed in this journal are related to (1) describe dysfunctional family and (2) the impacts on child life as represented by a child characters in the novel, Veronica. The concept of modern psychology that discusses how a family can be a dysfunction due to several factors such as bad habits, family and social issues that affect and contribute to aggressive or violent behavior is used to describe the dysfunctional family. Then the concept of child development is used to reveal the impacts of dysfunction family on a child life development. The data analysis shows that family in Anne Enright’s The Gathering is indicated as dysfunctional family. The family is dysfunctional extended family. It is proven that some family functions are not working properly. In addition, there are also some dysfunctional parenting styles delivering the family in novel The Gathering become a family that has the characteristics of dysfunctional family. Therefore, the dysfunctional family makes Veronica cannot forgive her mother. In addition, as an adult daughter, she confused with her role as a mother and cannot take care of her own family. Family dysfunction also makes her being restless and suffered throughout her life. In addition, dysfunctional family also brings her to juvenile delinquency, a lost child, and caretaker.
Keywords: psychology, psychology modern, family, dysfunctional family, dysfunctional parenting styles.

Published
2013-08-16
How to Cite
ALFI ARFIYATIN, L. (2013). DYSFUNCTIONAL FAMILY AND ITS IMPACTS ON VERONICA’S LIFEIN ANNE ENRIGHT’S THE GATHERING. LITERA KULTURA : Journal of Literary and Cultural Studies, 1(3). https://doi.org/10.26740/lk.v1i3.3845
Abstract Views: 386
PDF Downloads: 457