LONELINESS AND ITS IMPACTS IN HARUKI MURAKAMI’S NORWEGIAN WOOD

  • MARIA YUSNITA

Abstract

Kesepian adalah pengalaman psikologis yang terjadi dalam kehidupan manusia. Kesepian tidak hanya dialami oleh orang-orang tua, tetapi juga oleh semua manusia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan kesepian melalui dua karakter utama Toru Watanabe dan Naoko dalam novel, mengungkapkan penyebab kesepian yang menjadi alasan mengapa kesepian terjadi dalam hidup mereka, dan mengungkapkan dampak kesepian sebagai konsekuensi dari penyebab kesepian mereka. Sumber data utama dalam tesis ini diambil dari novel berjudul Norwegian Wood yang ditulis oleh Haruki Murakami, diterbitkan oleh Vintage International Open-Market Edition pada tahun 2000. Data dalam bentuk kutipan, komentar, dan dialog dalam novel yang mewakili kesepian yang dialami oleh dua karakter utama. Istilah kesepian dilambangkan sebagai pengalaman yang tidak menyenangkan yang terjadi kepada orang, pada waktu orang tersebut tidak memiliki beberapa cara penting dari hubungan sosial, baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Definisi itu kesepian disampaikan oleh Daniel Perlman dan Anne Letitia Peplau. Penyebab kesepian yang disampaikan oleh Rubenstein dan Shaver dibagi menjadi lima bagian utama, seperti tidak memiliki pasangan, keterasingan, kesendirian, isolasi, dan dislokasi. Dampak kesepian disampaikan oleh Donald A. Barat, Robert Kellner, dan Maggi Moore-Barat dibagi menjadi tujuh bagian, gangguan kejiwaan misalnya, depresi, menjadi alkoholik, penyalahgunaan dan penelantaran anak, berkabung, masalah kejiwaan, dan penyakit fisik. Hasil analisis menunjukkan bahwa istilah kesepian yang dialami oleh karakter utama sebagian besar berasal dari kepribadian mereka, latar belakang keluarga, dan pengalaman yang menyakitkan. Analisis juga menunjukkan bahwa penyebab kesepian yang dialami oleh Toru Watanabe dan Naoko sebagian besar berasal dari karakteristik mereka yang menikmati kesendirian, kondisi baik latar belakang keluarga dan lingkungan, dan situasi melalui kematian kerabat dekat. Selain itu, studi ini menunjukkan kesepian yang memberikan dampak buruk pada kedua karakter yang mempangaruhi baik kondisi mental dan kondisi fisik.


KATA KUNCI: kesepian, pengalaman psikologis, penyebab kesepian, dampak kesepian

Abstract

Loneliness is a psychological experience which occurs in human beings’ life. Loneliness is not only experienced by older people, but also by all human beings. The purposes of this study are to depict loneliness through two major characters Toru Watanabe and Naoko in the novel, reveal the causes of loneliness which are becoming the reason why loneliness happen in their life, and reveal the impacts of loneliness, as the consequences of the causes of their loneliness. The main data source in this thesis is taken from the novel entitled Norwegian Wood by Haruki Murakami, published Vintage International Open-Market Edition in 2000. Data are in the form of quotations, comments, and dialogues inside the novel which represent the loneliness experienced by two major characters. The term of loneliness is denoted as unpleasant experience occurs to the person when that person lacks some important ways of social relationship, either quantitatively or qualitatively. That definition of loneliness is proposed by Daniel Perlman and Anne Letitia Peplau. The causes of loneliness are delivered by Rubenstein and Shaver which are divided into five major parts, such as being unattached, alienation, being alone, isolation, and dislocation. The impacts of loneliness are delivered by Donald A. West, Robert Kellner, and Maggi Moore-West which are separated into seven major parts, for instance psychiatric disorder, depression, being alcoholic, child abuse and neglect, bereavement, psychiatric problem, and physical disease. The result of the analysis shows that the term of loneliness which is experienced by major characters largely derives from their personalities, family background, and painful experiences. The analysis also shows that the causes of loneliness which are experienced by Toru Watanabe and Naoko largely derive from their characteristics which enjoy solitude, conditions of both family background and neighbourhood, and situations through the death of closed relatives. In addition, this study shows that loneliness gives the bad impacts on both characters which attack both mental condition and physical condition of those characters.

 

KEY WORDS: loneliness, psychological experience, causes of loneliness, impacts of loneliness

 

 

Published
2013-08-16
How to Cite
YUSNITA, M. (2013). LONELINESS AND ITS IMPACTS IN HARUKI MURAKAMI’S NORWEGIAN WOOD. LITERA KULTURA : Journal of Literary and Cultural Studies, 1(3). https://doi.org/10.26740/lk.v1i3.3854
Abstract Views: 197
PDF Downloads: 126