Maverick’s Literacy Practice and Self-Esteem in The Hate U Give (2018)

  • Silvia Andaresta State University of Surabaya

Abstract

Abstrak

Topik dan konsep terkait literasi dalam praktik sosial dengan bagaimana diajarkan dan bagaimana pengaruhnya terhadap anak-anak di rumah difokuskan pada salah satu karya sastra, film dari George Tillman Jr. The Hate U Give (2018). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis praktik literasi Maverick dan bagaimana praktik literasi meningkatkan harga diri dalam keluarganya. Topik ini membahas lebih dalam tentang hubungan antara dilema harga diri oleh Branden dan praktik literasi yang diterapkan oleh Barton-Hamilton. Pengumpulan data dilakukan dengan dialog sampel untuk menganalisis pertanyaan penelitian yang sesuai dari film. Pada penelitian tersebut, hasilnya memberikan kejelasan tentang bagaimana sikap Maverick terhadap keluarganya adalah untuk tetap aman tetapi pada saat yang sama, mereka tahu arti harga diri sebagai evaluasi untuk orang kulit hitam yang baik.

Kata kunci: NLS; harga diri; praktis literasi

Abstract

The topics and concepts related to literacy in social practice with how it is taught and affects children at home are focused on one of the literary works, the film from George Tillman Jr. The Hate U Give (2018). This study is aimed to analyse Maverick’s literacy practice and how literacy practice improves the self-esteem in his family. This topic discusses more profoundly the relationship between self-esteem dilemmas by Branden and literacy practices applied by Barton-Hamilton. Data collection is done with a sample dialogue to analyse the appropriate research question from the movie. In the research, the result clarifies how Maverick's attitude towards his family is to stay safe, but at the same time, they know the meaning of self-esteem as a good evaluation for black people.

Keyword: NLS; self-esteem; literacy practice

Published
2023-05-22
How to Cite
Andaresta, S. (2023). Maverick’s Literacy Practice and Self-Esteem in The Hate U Give (2018). LITERA KULTURA : Journal of Literary and Cultural Studies, 11(1), 23-33. https://doi.org/10.26740/lk.v11i1.52138
Section
Articles
Abstract Views: 46
PDF Downloads: 59