ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN 两 (DUA) DAN二 (DUA) DALAM KALIMAT BAHASA MANDARIN PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA MANDARIN 2013 B UNESA

  • AYU ROHMATUL ILLIYAH

Abstract

ABSTRAK

ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN (DUA) DAN (DUA) DALAM KALIMAT BAHASA MANDARIN PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA MANDARIN 2013 B UNESA

 

Nama Mahasiswa: Ayu Rohmatul Illiyah

NIM: 11020774257

Program Studi: S1

Jurusan: Bahasa dan Sastra Mandarin

Fakultas: Bahasa dan Seni

Nama Lembaga: Universitas Negeri Surabaya

Pembimbing: 1. Dr. Subandi, M.Litt.

2. Galih Wibisono, B.A., M. Ed.

Tahun: 2016

Kata Kunci : Kesalahan Berbahasa, Kata Bilangan, (DUA), (DUA).

Mahasiswa prodi pendidikan bahasa Mandarin angkatan 2013 B UNESA dalam menggunakan kata bilangan两 dan 二 sering terdapatkesalahan. Kata bilangan两 dan 二 memiliki makna yang sama, tetapi dalam penggunaannya memiliki perbedaan yang sangat signifikan. Hal itu didasari oleh beberapa macam kesalahan yaitu kesalahan formasi, kesalahan susun, kesalahan sintaksis,dan kesalahan global. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Masalah pada penelitian ini meliputi bentuk kesalahan dan faktor penyebab mahasiswa melakukan kesalahan penggunaan kata bilangan两 dan 二.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat kesalahan yang dilakukan mahasiswa dalam penggunaan kata bilangan两 dan 二 seperti bentuk kesalahan berupa salah formasi yang ditandai dengan pemakaian struktur kata yang salah pada suatu kalimat, kesalahan salah susun yang ditandai dengan penempatan yang tidak benar dalam suatu kata pada kalimat, kesalahan sintaksis yang ditandai dengan adanya kesalahan dimana terdapat kesalahan peletakan subjek dan objek yang terbalik, hal tu terjadi karena tata bahasa dalam bahasa Indonesia berbeda dengan tata bahasa Mandarin, kesalahan global yang ditandai oleh adanya kesalahan yang mempengaruhi keseluruhan organisasi kalimat sehingga benar-benar mengganggu komunikasi. Faktor penyebab terjadinya kesalahan ialah pengaruh bahasa ibu, penguasaan materi yang kurang, kerumitan struktur penggunaan kata bilangan dalam kalimat bahasa mandarin dan kurangnya penguasaan kosa kata bahasa Mandarin. Peneliti berharap penelitian ini dapat membantu meningkatkan penguasaan kata bilangan两 dan 二 dan meminimalisir terjadinya kesalahan.

ABSTRAK

ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN (DUA) DAN (DUA) DALAM KALIMAT BAHASA MANDARIN PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA MANDARIN 2013 B UNESA

Nama Mahasiswa: Ayu Rohmatul Illiyah

NIM: 11020774257

Program Studi: S1

Jurusan: Bahasa dan Sastra Mandarin

Fakultas: Bahasa dan Seni

Nama Lembaga: Universitas Negeri Surabaya

Pembimbing: 1. Dr. Subandi, M.Litt.

2. Galih Wibisono, B.A., M. Ed.

Tahun: 2016

Kata Kunci : Kesalahan Berbahasa, Kata Bilangan, (DUA), (DUA).

Student education department of Chinese forces in 2013 and UNESA in using words and numbers 二两 often contained errors.二两 numbers and words have the same meaning, but its use has a very significant difference. It was based on several kinds of errors are errors formations, stacking error, syntax error, and global errors. This research using qualitative descriptive methods and data collection techniques using tests and questionnaires. Problems in the study include the form of errors and factors that cause students make the mistake of using the word and 二两 numbers.

These results indicate that there is an error in which students in the use of the word number 两 and 二 like shape errors such as incorrect formations are characterized by the use of the structure of the wrong word in a sentence, an error stacking faults marked by the placement of which is incorrect in a word in the sentence , a syntax error characterized by the existence of errors where there are mistakes laying of subject and object are reversed, it tu happened because the grammar in Indonesian different with Chinese grammar, global error which is characterized by the presence of errors that affect the overall organization of the sentence so that really bothered communication. Causes of the errors is the influence of the mother tongue, mastery of materials that are lacking, the intricate structure of the use of the word in the phrase mandarin numbers and lack of command of Mandarin Chinese vocabulary. Researchers hope this study can help improve the mastery of words and 二两 numbers and minimize the occurrence of errors.

Published
2016-08-24
How to Cite
ROHMATUL ILLIYAH, A. (2016). ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN 两 (DUA) DAN二 (DUA) DALAM KALIMAT BAHASA MANDARIN PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA MANDARIN 2013 B UNESA. Jurnal Bahasa Mandarin, 1(01). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/16962
Section
Articles
Abstract Views: 124
PDF Downloads: 537