KESALAHAN PENGGUNAAN KATA KETERANGAN “一定” DAN “肯定” DALAM KALIMAT BAHASA MANDARIN PADA MAHASISWA ANGKATAN 2013 PRODI PENDIDIKAN BAHASA MANDARIN JURUSAN BAHASA DAN SASTRA MANDARIN UNESA

  • VALIDIO ROSE S

Abstract

ABSTRAK

Memelajari bahasa Mandarin kini menjadi sebuah kebutuhan yang sangat penting bagi siapa saja yang ingin bertahan dari ketatnya persaingan kompetisi di era pasar global. Oleh karena itu, orang-orang di seluruh dunia, termasuk masyarakat Indonesia, berlomba-lomba mempelajari bahasa tersebut. Dalam mempelajari bahasa Mandarin, pebelajar tidak terlepas dari adanya kesalahan berbahasa seperti kesalahan penggunaan dua kata keterangan “一定” dan “肯定” dalam kalimat bahasa Mandarin. Dalam penelitian ini dianalisis bentuk kesalahan dan faktor penyebabnya yang sering dilakukan oleh mahasiswa angkatan 2013 Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin Jurusan Bahasa dan Sastra Mandarin Unesa. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif kualitatif dengan instrumen pengumpulan data berupa tes dan angket.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk kesalahan yang dilakukan oleh mahasiswa angkatan 2013 Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin Jurusan Bahasa dan Sastra Mandarin Unesa adalah salah formasi dan salah susun. Kesalahan salah formasi terdapat pada soal bagian A, B, dan C yaitu salah melengkapi kalimat menggunakan “一定” dan “肯定”, salah memilih kata “一定” dan “肯定” pada soal pilihan ganda, dan salah menentukan kalimat benar atau salah yang di dalamnya terdapat kata “一定” dan “肯定” dengan persentase kesalahan sebesar 48%. Kesalahan salah susun terdapat pada kode soal D. Banyak mahasiswa yang masih salah dalam menyusun dan menempatkan subjek, kata kerja, keterangan tempat, maupun kata “一定” dan “肯定” dengan benar, sehingga kalimat kacau dan menyebabkan terjadinya kesalahan makna maupun kesalahan dalam tata bahasa Mandarin. Persentase kesalahan salah susun yang dilakukan mahasiswa sebesar 69%.

Penyebab terjadinya kesalahan yang dilakukan oleh mahasiswa yaitu kurangnya pemahaman mahasiswa dalam menggunakan kata keterangan “一定” dan “肯定” yang disebabkan penguasaan teori yang kurang mengenai kata tersebut serta adanya interferensi bahasa Indonesia sebagai bahasa ibu si pebelajar bahasa.

Kata Kunci: Kesalahan Berbahasa, Kata Keterangan, 一定, 肯定

ABSTRACT

Learning Mandarin has become a very important requirement for anyone who wants to survive from the intense competition in the era of global trade. Therefore, people all over the world including Indonesian people are competing to learn that language. In studying Mandarin, learners can''t be separated from their mistakes like doing some misapplication between two adverbs "一定" and "肯定" in Mandarin sentences. This research was analyzed the form of errors and the causes which often done by Chinese Language and Literature students Class 2013 of Surabaya State University. The method used in this research is descriptive qualitative method using two instruments, tests and questionnaires.

The results of this research shows that the form of the mistakes made is misformation and misordering caused by lack of understanding in using adverb "一定" and "肯定", the complexity of adverb "一定" and "肯定" to be learned by Chinese Language and Literature students Class 2013, the lack of theory about adverb "一定" and "肯定", and the effect of Indonesian grammar as a learner''''s mother language.

Keywords:Error Analysis, Adverb, 一定, 肯定



Published
2016-12-27
How to Cite
ROSE S, V. (2016). KESALAHAN PENGGUNAAN KATA KETERANGAN “一定” DAN “肯定” DALAM KALIMAT BAHASA MANDARIN PADA MAHASISWA ANGKATAN 2013 PRODI PENDIDIKAN BAHASA MANDARIN JURUSAN BAHASA DAN SASTRA MANDARIN UNESA. Jurnal Bahasa Mandarin, 1(01). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/17870
Section
Articles
Abstract Views: 108
PDF Downloads: 99