ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN PARTIKEL 的 (DE) DAN 得 (DE) DALAM KALIMAT BAHASA MANDARIN KELAS XII IBB SMA AL-ISLAM KRIAN SIDOARJO

Authors

  • Luqmanul Hakim Universitas Negeri Surabaya
  • Miftachul Amri Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Analisis Kesalahan, Al-Islam Krian, Partikel 的 de 得 de

Abstract

Bahasa berfungsi sebagai instrumen utama komunikasi. Menguasai bahasa tidak diragukan lagi merupakan keterampilan krusial yang perlu dikembangkan individu untuk mencapai kesuksesan. Dalam bahasa Mandarin, penggunaan terminologi dan tata bahasa yang akurat sangat penting untuk komunikasi yang efektif, karena memastikan pertukaran informasi yang jelas dan meminimalkan kesalahan berbahasa. Kata-kata yang mirip dapat menghambat penguasaan bahasa Mandarin. Sinonim atau Kata-kata mirip penelitian ini mengkaji Analisis Kesalahan Penggunaan Partikel 的 (de) dan 得 (de) dalam Kalimat Bahasa Mandarin oleh Siswa Kelas XII IBB  SMA Al-Islam Krian Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian ini, jenis kesalahan yang ditemukan peneliti adalah taksonomi kesalahan siasat permukaan yang difokuskan pada salah formasi dan salah susun. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menemukan kesalahan yang termasuk dalam kategori kesalahan strategi permukaan, terutama yang melibatkan kesalahan pembentukan salah formasi dan salah susun. Dari 16 siswa, 88,8% membuat kesalahan dalam mengode jawaban mereka untuk pertanyaan A4. Hal ini menunjukkan bahwa kata 得 (de) tidak cocok untuk menjawab pertanyaan soal kode A4 karena tidak sesuai dengan konteks kalimat. Kuesioner yang diisi oleh siswa kelas XII IBB SMA Al-Islam Krian Sidoarjo mengungkapkan dalam rumusan masalah kedua bahwa siswa masih menghadapi tantangan dalam belajar bahasa Mandarin. Mereka kesulitan memahami cara menggunakan partikel 的 (de) dan 得 (de) dan kurang jelas penggunaannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Darmayanti, Y E dan Amri, Miftachul. 2018. “Analisis Kesalahan Penulisan Kalimat Bahasa Jepang Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Puri Mojokerto Tahun Ajaran 2017/2018”. (online). dalam https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/hi kari/article/view/26383/24163 diakses pada tanggal 13 Desember 2021.

Farikhah, A. 2019. Analisis Kesalahan Penggunaan Kata Sambung(连词)虽然...但是,即使....也, dan 无论....都dalam Kalimat Bahasa Mandarin pada Mahasiswa Angkatan 2015 Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Semarang.http://lib.unnes.ac.id/34421/.

Hendrawaty, N. (2018) An Analysis On Students’errors In Writing Sentence Patterns. 17(Online). (https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=Vhgm75sAAAAJ&citation_for_view=Vhgm75sAAAAJ:2ywjKiB__4kCdiakses 10November 2020

Keraf, G. 1997. Tata Bahasa Rujukan Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Grasindo. Li, X.Q.(2005).

Mayasari, N dan Miftachul Amri. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Papan Kantong terhadap Kemampuan Menyusun Kalimat Sederhana Bahasa Mandarin Siswa Kelas X APK SMKN PGRI 133Surabaya TP 2019/2020. (online).(https://ejournal.unesa.ac.id/index.p hp/manadarin/article/download/33633/300 61., diakses 16 Juli 2023)

Nisa', K. dan Amri, M. 2020. “Diksi Dan Gaya Bahasa pada Lirik Lagu Angela 《 張 韶 涵 》 (Zhāng Shàohán) dalam Album《一定要爱你》(yīdìng yàoàinǐ)” (online) 35002-ArticleText-43603-1-10-20200629 (1).pdf diakses pada tanggal 12 Desember 2021.

Purwadani, I dan Miftachul Amri. 2019. “Pengaruh penggunaan Media Pembelajaran Tamaire Terhadap Kemampuan Menyimak Secara Aktif Bab Watashi no Kozoku Siswa Kelas X Mipa 5 SMAN 1 Mojokerto Tahun Ajaran 2018/2019”. (Online).(https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/kej epangan-unesa/article/view/31419/28501, diakses 16 Juli 2023).

Qolbi, N A dan Miftachul Amri. 2020. “Kesalahan Penggunaan Kata “差不多” (Chàbúduō) dan “几乎” ( Jīhū) dalam Kalimat Bahasa Mandarin Angkatan 2018 Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Surabaya”. (online). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/39250

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA Suparto. 2003. Tata Bahasa Mandarin itu Mudah (seri dua bahasa). Jakarta: Puspa Swara

Xiandai Hanyu Xuci Jiangyi. Beijing: Beijing Daxue Chubanshe.

Yulinda, D, dan Miftachul Amri. (2020). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Scramble terhadap Kemampuan Menyusun Karangan Sederhana Bahasa Mandarin Siswa Kelas XI MIPA SMA NU 1 Gresik. Jurnal Mandarin Unesa, 3(1), 1–8. (online). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/ar ticle/view/33286/29834, diakses 16 juli 2023.

王还.汉语的状语与“得”后的补语和英语的状语[J].语言教学与研究,1984,(4). 雷娟.英语为母语的汉语学习者习得结构助词“的、地、得” 偏误研究[D].长沙:湖南大学,2014.

马丽丽.泰国学生对结构助词“的”、“地”、“得”的学习 情况调查[D].长春:吉林大学,2013

Downloads

Published

2025-07-27

How to Cite

Hakim, L., & Amri, M. (2025). ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN PARTIKEL 的 (DE) DAN 得 (DE) DALAM KALIMAT BAHASA MANDARIN KELAS XII IBB SMA AL-ISLAM KRIAN SIDOARJO. Jurnal Bahasa Mandarin, 8(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/72095
Abstract views: 13 , PDF Downloads: 4