ANALISIS YURIDIS PUTUSAN HAKIM PENGADILAN NEGERI BANGKALAN TENTANG SENGKETA JUAL BELI TANAH DI BAWAH TANGAN (STUDI KASUS PUTUSAN NOMOR : 14/Pdt.G/2021/PN Bkl)

JURIDICAL ANALYSIS OF THE BANGKALAN STATE COURT JUDGE'S RULING CONCERNING THE DISPUTE ON THE SALE AND PURCHASE OF LAND UNDER HAND (CASE STUDY DECISION NUMBER: 14/Pdt.G/2021/PN Bkl)

  • Ahmad Hanan Amin UNESA
  • Mahendra Wardhana

Abstract

Dalam proses jual beli indicator-indikator sering dianggap remeh oleh Masyarakat. Anggapan remeh ini sering terjadi karena ada beberapa kemungkinan yaitu Masyarakat yang tidak tahu proses jual beli tanah yang benar atau memang kurangnya penegak hukum untuk memberikan sosialiasi terkait hal tersebut. Sehingga hal-hal tersebut dapat mengakibatkan konflik atau sengketa. Seperti Pada Putusan No. 14/Pdt.G/2021/Pn Bkl yang terjadi antara Niwan (Penggugat) dengan Bu Sama sebagai (Tergugat), Kepala Desa Sobih (Tergugat 1), Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Bangkalan (Tergugat 2). Dalam penelitian ini akan meneliti tentang dasar pertimbangan hakim serta akibat yang ditimbulkan dari putusan tersebut. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah normative dengan menggunakan bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder serta menggunakan Teknik analisis prespiktif.

Published
2024-01-11
Section
ART 1
Abstract Views: 26
PDF Downloads: 42