Authors

  • YUSUF SETYO NUGROHO

DOI:

https://doi.org/10.2674/novum.v1i2.9396

Abstract

Abstrak

          Pada Rumah Tahanan Kelas I Surabaya terdapat tahanan dana narapidana. Narapidana dibagi menjadi dua yaitu narapidana dewasa dan anak. Narapidana anak disebut anak didik pemasyarakatan. Anak didik pemasyarakatan mempunyai 12 hak menurut Undang-Undang Nomer 12 Tahun 1995.

          Jenis penelitian yang digunakan penulis yakni penelitian hukum deskriptif. Data primer diperoleh langsung dari informan, dalam hal ini informan terdiri dari petugas rumah tahanan dan anak didik pemasyarakatan di Rumah Tahanan Negara Kelas I Surabaya. Data sekunder diperoleh dari penelaaahan kepustakaan dan peraturan perundang-undangan. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan data dengan cara mengklasifikasikan permasalahankemudian dianalisis menggunakan analisis kualitatif.

          Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa anak didik pemasyarakatan tidak memperoleh hak pendidikan dan pengajaran. Menurut petugas Rumah Tahanan Negara Kelas I Surabaya tidak terpenuhinya hak anak didik pemasyarakatan atas pendidikan dan pengajaran bukan dikarenakan adanya suatu kendala, melainkan hal tersebut memang bukan merupakan tugas pokok dan fungsi rutan. Tugas pokok dan fungsi rutan hanya melakukan pelayanan tahanan, pemeliharaan keamanan dan tertib rutan, pengelolaan rutan, dan urusan tata usaha.

           Kata kunci : Hak anak didik pemasyarakatan, Rumah tahanan negara kelas I Surabaya

 

                                                                                                Abstract

In prison house class I Surabaya there are prisoners and inmates. Inmates were divided into adult and child. Inmates child called child of learners correctional. The child of learners correctional have 12 rights under legislation number 12 year 1995.

The writer uses descriptive legal research. Primary data are directly taken from informant. Informant in this case are the officers of prison house and the child of learners correctional in prison house class I Surabaya. The secondary data are taken from library study and regulation. The technique of collection data are interview and documentation. The technique of processing data is classification case and then analysis qualitative.

The result of this research show that the child of learners correctional can’t getting education and teaching. The officers of prison house class I Surabaya says that not complete right of education and teaching nothing because of a constraints, but it is not duties and functions of prison house. Duties and functions of prison house only do service to prisoners, keeping security and orderly, prison management, and administrative affairs.                                                                                     

Keyword : Rights of child learners correctional, Prison house class I Surabaya.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2014-04-15

Issue

Section

ART 1
Abstract views: 75 , PDF Downloads: 73