PEMBINAAN ANAK PENYANDANG MASALAH KESEJAHTERAAN SOSIAL DI UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS (UPTD) KAMPUNG ANAK NEGERI KOTA SURABAYA

  • MAS DINAR ANGKAWIJAYA KALIMASA

Abstract

PEMBINAAN ANAK PENYANDANG MASALAH KESEJAHTERAAN SOSIAL DI UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS (UPTD) KAMPUNG ANAK NEGERI KOTA SURABAYA

Mas Dinar Angka Wijaya Kalimasada

S1 Ilmu Administrasi Negara, FIS, UNESA (masdinar.a.k@gmail.com)

Abstrak

Anak Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) adalah kelompok masyarakat yang memerlukan pembinaan. Oleh karena itu, Pemerintah kota Surabaya membentuk Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Kampung Anak Negeri Kota Surabaya yang berada dalam naungan Dinas Sosial Kota Surabaya yang bertugas memberikan pelayanan dan pembinaan bagi anak-anak penyandang masalah kesejahteraan sosial yang berada di Kota Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan Pembinaan PMKS di UPTD Kampung Anak Negeri Kota Surabaya.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian terdiri dari Kepala UPTD, tenaga pembina, dan beberapa klien UPTD Kampung Anak Negeri Kota Surabaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan Pembinaan Anak Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial di UPTD Kampung Anak Negeri Kota Surabaya dapat dilihat dari, pertama tahapan penyadaran dan pembentukan perilaku sudah berjalan dengan cukup baik hal ini tak terlepas dari karakter masing-masing anak yang berbeda-beda ketika diberikan pembinaan dan pendampingan oleh pihak UPTD Kampung Anak Negeri Surabaya, Kedua dari tahapan transformasi pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan telah diberikan dengan baik dan terjadwal sehingga anak PMKS merasakan ada perubahan positif, namun ada beberapa pembinaan yakni balap sepeda dan keterampilan lukisan yang dikhususkan sehingga porsi pemberiaan juga lebih jauh intensif dari pembinaan yang lainnya, Ketiga dari tahapan peningkatan pengetahuan, kecakapan serta keterampilan, UPTD Kampung Anak Negeri Surabaya telah memberikan upaya yang bagus sehingga menghasilkan klien yang diharapkan.

Saran yang diberikan dalam penelitian ini adalah pendampingan dan pembinaan yang lebih intensif lagi agar kemampuan klien berjalan dengan baik, perlunya membangun kebersamaan antar klien untuk meminimalkan konflik, dan perlunya perhatiaan merata khususnya berkenaan dengan intensitas pemberiaan pembinaan kemampuaan.

Kata Kunci: Pembinaan, dan Anak Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial

Published
2015-01-15
Section
Articles
Abstract Views: 61
PDF Downloads: 175