IMPLEMENTASI PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MANDIRI PERDESAAN (PNPM-MP)  (Studi Pada Pembangunan Gedung Taman Kanak-Kanak Darmawanita di Desa Babadan Kecamatan Karangrejo Kabupaten Tulungagung)

  • DESI EKA CAHYANI

Abstract

IMPLEMENTASI PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MANDIRI PERDESAAN (PNPM-MP)  (Studi Pada Pembangunan Gedung Taman Kanak-Kanak Darmawanita di Desa Babadan Kecamatan Karangrejo Kabupaten Tulungagung)  
Desi Eka Cahyani   
ABSTRAK  


Implementasi Program Nasional Pemberdayaan Masyrakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MP). Program pembangunan gedung taman kanak-kanak di Desa Babadan Kecamatan Karangrejo Kabupaten Tulungagung dilatar belakangi dari tidak adanaya bangunan sekolah untuk taman kanak-kanak. Desa tersebut belum memiliki gedung untuk bersekolah sendiri karena selama ini mereka memakai gedung pertemuan PKK. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi program pembangunan gedung taman kanak-kanak di Desa Babadan Kecmatan Karangrejo Kabupaten Tulungagung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Program Nasioanal Pemberdayaan Masyarakat Mandiri perdesaan (PNPM-MP). Program Pembangunan Gedung taman kanak-kanak ini dapat dikatakan cukup baik. Hal ini  ditunjukkan oleh komunikasi yang dilakukan oleh pelaksana program dan aparat desa kepada masyarakat telah dilaksanakan dengan baik, sumber daya yang sudah cukup dan siap, serta sikap dan komitmen yang tinggi,serta pembangunan ini telah dilaksanakan sesuai dengan SOP yang telah ditentukan. Program pembangunan gedung taman kanak-kanak dapat menjadi alternative untuk anak-anak bersekolah yang layak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Program Nasioanal Pemberdayaan Masyarakat Mandiri perdesaan (PNPM-MP). Program Pembangunan Gedung taman kanak-kanak ini dapat dikatakan cukup baik. Hal ini  ditunjukkan oleh komunikasi yang dilakukan oleh pelaksana program dan aparat desa kepada masyarakat telah dilaksanakan dengan baik, sumber daya yang sudah cukup dan siap, serta sikap dan komitmen yang tinggi,serta pembangunan ini telah dilaksanakan sesuai dengan SOP yang telah ditentukan. Program pembangunan gedung taman kanak-kanak dapat menjadi alternative untuk anak-anak bersekolah yang layak. Saran untuk Program Nasional Pemberdayaan Masyrakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MP) diharapkan dapat dimanfaatkan secara optimal untuk kegiatan pembelajaran yang dilakukan di TK Darmawanita ini.  
Kata kunci : PNPM-MP, Implementasi, Pembangunan gedung Taman Kanak-kanak

Published
2015-01-26
Section
Articles
Abstract Views: 16
PDF Downloads: 34