STRATEGI PELAYANAN PEMBAYARAN MOBILING OPERASI SIMPATIK (OPS) REKLAME PERMANEN INDOOR DI DINAS PENDAPATAN DAN PENGELOLAAN KEUANGAN KOTA SURABAYA

  • YUYUN EKA KARTIKA SARI

Abstract

STRATEGI PELAYANAN PEMBAYARAN

MOBILING OPERASI SIMPATIK (OPS) REKLAME PERMANEN INDOOR

DI DINAS PENDAPATAN DAN PENGELOLAAN KEUANGAN KOTA SURABAYA

 

Yuyun Eka Kartika Sari

S1 Ilmu Administrasi Publik, FIS, UNESA (yuyuneka.kartika@gmail.com)

 

ABSTRAK

 

Pelayanan pembayaran mobiling Operasi Simpatik (OPS) reklame permanen Indoor merupakan pelayanan publik administratif sistem jemput bola. Pelayanan ini dilakukan untuk memudahkan pembayaran pajak reklame permanen indoor oleh Wajib pajak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pelayanan pembayaran mobiling Operasi Simpatik (OPS) reklame permanen Indoor  di Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Kota Surabaya.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Fokus dari penelitian ini yaitu strategi ekspansi oleh Wechsler dan Backoff (kekuatan pengaruh faktor eksternal, lokasi pengendalian strategik, modus operandi tindakan strategik, fokus strategi, perubahan kecenderungan, cakupan strategi, intensitas tindakan strategi dan sasaran umum strategik). Sumber data dalam penelitian ini adalah kordinator Operasi Simpatik (OPS) reklame permanen indoor, staff penetapan pajak reklame, tim survey, staff pelayanan pajak reklame, dan staff administrasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model interaktif Miles Huberman yang terdiri dari reduksi, penyajian dan verifikasi data.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat satu variabel dari strategi ekspansi yang tidak sesuai yakni kekuatan pengaruh faktor eksternal. Pada teori strategi ekspansi seharusnya kekuatan bersifat lemah namun hasil lapangan menyatakan bahwa kekuatan bersifat kuat. Dimana faktor eksternal mempengaruhi proses dan jadwal pelaksanaan pelayanan. Hal ini diperlukan adanya regulasi khusus yang mengatur reklame permanen Indoor agar kekuatan hukumnya bersifat jelas dan memaksa. Selain itu, diharapkan terdapat pihak keamanan yang menjaga uang hasil pemungutan pajak dan pembagian tanggung jawab kordinasi mall.

 

Kata Kunci: Pelayanan Publik, Pembayaran Mobiling Operasi Simpatik (OPS)

Published
2015-01-27
Section
Articles
Abstract Views: 23
PDF Downloads: 27