KUALITAS LAYANAN WEB KARIR TERPADU MELALUI MODEL WEBQUAL 4.0 DI DINAS TENAGA KERJA, TRANSMIGRASI DAN KEPENDUDUKAN PROVINSI JAWA TIMUR

  • AZIZAH FEBRINIA KUSUMA WARDANI

Abstract

Dalam rangka meningkatkan pelayanan publik dan memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mengakses informasi seputar kerja, Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Kependudukan Provinsi Jawa Timur melalui Pusat Layanan Kerja membangun sebuah portal websitedengan nama domain www.infokerja-jatim.com. Website ini berisi segala informasi dan layanan seputar dunia kerja yang dibutuhkan oleh masyarakat daerah provinsi Jawa Timur. Dalam berbagai kemanfaatan yang ada dalam website tersebut, ada berbagai keluhan dari pencari kerja dan perusahaan sebagai pengguna layanan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur tingkat kualitas layanan web Karir Terpadu di Dinas Tenaga Kerja, Tranmsigrasi dan Kependudukan Provinsi Jawa Timur.   Jenis penelitian yang digunakan ialah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Webqual 4.0. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner (angket) yang disebar kepada 268 responden. Adapun responden dalam penelitian ini adalah pencari kerja atau perusahaan yang menjadi anggota website. Teknik analisis data dilakukan dengan cara pengolahan data (editing &coding), pengorganisasian data, dan penemuan hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan yang diberikan oleh website www.infokerja-jatim.com merupakan layanan yang berkualitas baik. Berdasarkan pengukuran menggunakan model Webqual 4.0, variabel yang memiliki nilai prosentase tertinggi adalah variabel kegunaan sebesar 70,99 %, yang kedua adalah variabel kualitas informasi sebesar 70,17 %, dan yang terakhir adalah variabel kualitas interaksi layanan sebesar 63,51 %. Sehingga diperoleh prosentase rata-rata kualitas layanan sebesar 68,22 %, atau dengan kata lain kualitas layanan dari website www.infokerja-jatim.com berada pada kategori baik, yang artinya website telah memiliki kualitas baik sebagai situs resmi milik Pemerintah Daerah. Adapun 3 (tiga) saran yang ingin disampaikan peneliti pasca terlaksananya penelitian ini, yaitu: 1) instansi diharapkan lebih responsif dalam menanggapi kebutuhan dari pengguna layanan; 2) instansi harus lebih memperhatikan penyajian informasi dalam website, khususnya terhadap kesesuaian informasi dengan format layanan yang ada; 3) instansi harus lebih meperhatikan dengan seksama data pribadi yang disampaikan oleh pengguna layanan. 

Kata Kunci : Kualitas Layanan, Karir Terpadu, Webqual 4.0

Published
2015-04-22
Section
Articles
Abstract Views: 29
PDF Downloads: 30