PELAYANAN PRIMA DI KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN SIDOARJO  (STUDI PADA PROGRAM QUICK WINS PERTANAHAN)

  • MUHAMMAD ANDRI N

Abstract

Harapan dan tantangan global diberbagai bidang kehidupan menuntut perlu menyelenggarakan pemerintahan yang menjamin terciptanya pelayanan publik yang prima dalam rangka memenuhi kebutuhan dasar dan hak sipil setiap warga negara atas barang publik, jasa publik dan pelayanan administrasif. Pemerintah sebagai public service harus mewujudkan tugas pelayanan yang prima dalam kinerja pemerintahannya agar dapat memberikan pelayanan yang terbaik untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sehubungan dengan pelayanan prima, Kantor Pertanahan Kabupaten Sidoarjo sebagai instansi pelayanan publik yang mengurusi pelayanan dibidang pertanahan, melalui program quick wins pertanahan menyediakan pelayanan prima kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan pelayanan prima program quick wins pertanahan di Kantor Pertanahan Kabupaten Sidoarjo.  
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Sedangkan sumber data diperoleh dari sumber data primer dan sekunder. Penelitian ini menggunakan teknik penentuan subyek dengan kriteria tertentu (purposif), karena peneliti ingin mengidentifikasi hal–hal khusus dari topik penelitian. Fokus pada penelitian ini yaitu Pelayanan Prima Di Kantor Pertanahan Kabupaten Sidoarjo (Studi Program Quick wins Pertanahan) berdasarkan konsep A4 Menurut Daryanto dan Setyobudi (2014) yaitu attitude (sikap), attention (perhatian), action (tindakan), anticipation (antisipasi).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan Pelayanan Prima Di Kantor Pertanahan Kabupaten Sidoarjo Studi Pada Program Quick wins Pertanahan sudah prima, yaitu dapat dilihat dari konsep A4 mengenai attitude (sikap) meliputi sikap yang hormat, ramah, tutur kata yang baik dan santun, senyum, sapa, dan salam, cepat dalam pelayanan dan tidak membeda-bedakan pemohon. Attention (Perhatian) meliputi  perhatian dalam memberikan penjelasan dan pemberitahuan kepada masyarakat yang kekurangan berkas dan mampu bersikap selalu sigap, cekatan serta mampu memposisikan diri sebagai fasilitator untuk mewujudkan keinginan masyarakat secara optimal. Action (Tindakan) meliputi adanya peraturan Sapta Tertib Pertanahan, peningkatan kualitas sarana dan prasarana, tindakan mengarahkan pemohon yang tidak atau kurang mengerti. Tanggungjawab dari semua komponen yang ada di Kantor Pertanahan Kabupaten Sidoarjo. Anticipation (Antisipasi) meliputi adanya dana antisipasi pelayanan, menjamin kepuasan masyarakat, dan mengolah setiap keluhan masyarakat. Hasil laporan pelaksanaan pelayanan program quick wins pertanahan menunjukkan bahwa prosentase pelayanan yang selesai lebih cepat/ tepat waktu yang sangat tinggi antara 98%-100% selesai, sedangkan permohonan yang melebihi waktu pelayanan hanya kurang dari 2% saja.
Kata kunci : Pelayanan Prima, Program Quick wins

Published
2015-04-22
Section
Articles
Abstract Views: 97
PDF Downloads: 306