KUALITAS LAYANAN KERETA API SARANGAN EKSPRES JURUSAN SURABAYAGUBENG – MADIUN
Abstract
Transportasi publik merupakan unsur yang penting bagi kehidupan manusia. Semakin dibutuhkannya
sarana transportasi publik menyebabkan meningkatnya jumlah pengguna sarana transportasi publik, maka
penyedia layanan transportasi publik harus terus meningkatkan kualitas pelayanannya. Peningkatan
kualitas layanan dapat diukur melalui dimensi kualitas pelayanan terdiri dari: (1) Bukti langsung
(tangibles), (2) Kehandalan (reliability), (3) Daya tanggap (responsiveness), (4) Jaminan (assurance), (5)
Empati (empathy). PT. Kereta Api Indonesia (KAI) sebagai salah satu perusahaan jasa penyedia
transportasi publik milik pemerintah berusaha memenuhi kebutuhan pelanggan dengan selalu meninkatkan
kualitas layanannya. Pelayanan Kereta Api Sarangan Ekspres merupakan salah satu bentuk pelayanan dari
PT. KAI yang memiliki banyak pelanggan, maka dituntut untuk selalu meningkatkan kualitas
pelayanannya. Oleh karena itu, penelitian ini mengangkat rumusan masalah mengenai kualitas layanan
kereta api Sarangan Ekspres Jurusan Surabaya Gubeng-Madiun.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan penelitian ini dilakukan di Kereta Api Sarangan
Ekspres dengan teknik pengambilan data kuesioner, wawancara, observasi. Teknik pengambilan sampel
yang digunakan dalam penelitian ini adalah Insidental. Sampel yang digunakan berjumlah 99 penumpang
kereta api Sarangan Ekspres Jurusan Surabaya Gubeng – Madiun. Teknik analisis data yang digunakan
dalam penelitian ini antara lain analisis data kuantitatif dan analisis data deskriptif.
Hasil penelitian ini, disimpulkan bahwa variabel yang memiliki nilai prosentase tertinggi adalah variabel
Kehandalan (80,2%), yang kedua adalah variabel Jaminan (76,2%), selanjutnya diikuti oleh variabel Bukti
Langsung (73,9%), variabel Daya Tanggap (71,8%), variabel Empati (70,5%). Sehingga diperoleh
prosentase rata-rata kualitas layanan sebesar 74,5% yang berada pada katagori puas, yang artinya layanan
Kereta Api Sarangan Ekspres Jurusan Surabaya Gubeng-Madiun telah berkualitas.
Kata Kunci : Kualitas, Layanan, Kereta Api Sarangan Ekspres
PDF Downloads: 63