EFEKTIVITAS PENGELOLAAN PROGRAM BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) (STUDI PADA SMK PGRI PANDAAN)

  • HANI FITRIA

Abstract

Program  Bantuan  Operasional  Sekolah  (BOS)  merupakan  program  pemerintah  yang  digunakan    untuk
penyediaan  pendanaan  biaya  operasi  nonpersonalia  bagi  satuan  pendidikan  dasar  sebagai  pelaksana  program
wajib  belajar.  Pada  tahun  2012  program  BOS  ini  telah  diterapkan  pada  jenjang  sekolah  menengah  dalam
bentuk  rintisan  BOS.  Dalam  pengelolaan  BOS  di  SMK  PGRI  Pandaan  memiliki  beberapa  kendala  yaitu:
pertama  adanya  keterlambatan  dalam  penyaluran  dana  BOS  dan  kedua  kurangnya  koordinasi dalam  proses
pembuatan laporan pertanggungjawaban penggunaan dana BOS. Permasalahan yang diambil dalam penelitian
ini adalah mengukur seberapa efektif pengelolaan program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di SMK PGRI
Pandaan.  Penelitian  ini  menggunakan  indikator  efektivitas  program  menurut  Budiani  (2007). Penelitian  ini
menggunakan  metode  deskriptif  dengan  pendekatan  kuantitatif.  Populasi  dalam  penelitian  ini  adalah  kepala
sekolah,  wakil  kepala  sekolah,  komite  sekolah,  guru  dan  siswa  di  SMK  PGRI  Pandaan.  Metode  untuk
pengambilan  sampel  menggunakan  teknik simple  random  sampling.  Pengumpulan  data  menggunakan  teknik
kuesioner  dan  dokumentasi.  Teknik  analisis  data  menggunakan  hasil  dari  rata-rata  setiap  indikator  yang
disesuaikan  dengan  interval  yang  telah  ditentukan. Hasil  dari  penelitian  menunjukkan  efektivitas  pengelolaan
program BOS di SMK PGRI Pandaan berada pada interval 3,41-4,2 dengan rata-rata 3,58 yang artinya efektif.
Saran  yang diberikan penulis  yaitu untuk lebih  mendisiplinkan dalam pembuatan pelaporan penggunaan dana
BOS sehingga tidak  menghambat komite sekolah dalam  melakukan pencatatan dokumen tentang penggunaan
dana BOS  yang dapat digunakan  sebagai bahan  masukan kepada sekolah dalam  memaksimalkan pengelolaan
program BOS di sekolah.
Kata Kunci: Efektivitas, Pengelolaan, Program BOS

Published
2015-05-12
Section
Articles
Abstract Views: 80
PDF Downloads: 283