RESPONSIFITAS  APARATUR  PELAYANAN  ADMINISTRASI TERPADU  KECAMATAN  (PATEN)         Di Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo

  • FEMYLIA PRADINI AYU MENTARI

Abstract

Responsifitas  merupakan  kemampuan  aparartur  atau  petugas  dalam  merespon  suatu  pelayanan  yang  dibutuhkan
oleh  masyarakat.  Respon  pelayanan  yang  baik  bagi  masyarakat  sebagai  pengguna  jasa  adalah  yang  sesuai  dengan
keinginan  dan  harapan  atas  pelayanan  kebutuhan  barang  maupun  jasa.  Kebutuhan  akan  barang  dan  saja  merupakan
kebutuhan  yang sangat dekat  dengan kehidupan  masyarakat itu sendiri. Untuk  menciptakan pelayanan  yang baik akan
pemenuhan  atas  barang  dan  jasa  maka  diperlukan  aparatur  yang  dengan  tanggap  melayani  masyarakat.  Ketanggapan
atau  daya  respon  aparatur  dapat  diukur  melalui  dimensi  responsifitas  yang  dikemukakan  oleh Zeithaml,dkk  (dalam
Hardiyansah,2011:6).  Dimensi  tersebut  terbagi  menjadi  enam  antara  lain,  Merespon  setiap  pelanggan/pemohon  yang
ingin  mendapatkan  pelayanan,  Petugas/aparatur  melakukan  pelayanan  dengan  cepat,  Petugas/aparatur  melakukan
pelayanan dengan tepat, Petugas/aparatur melakukan pelayanan dengan cermat, Petugas/aparatur melakukan pelayanan
dengan waktu yang tepat, terakhir Semua keluhan pelanggan direspon oleh petugas.
 
Penelitian  ini  menggunakan  jenis  penelitian  kuantitatif  dengan  pendekatan  deskriptif.  Penelitian  ini  dilakukan  di
Kantor  Pelayanan  Administrasi  Terpadu  Kecamatan  Sidoarjo,  Kabupaten  Sidoarjo.  Teknik  pengambilan  data  dalam
penelitian  ini  menggunakan  kuesioner,  wawancara,  dokumentasi  dan  observasi.  Pengambilan  sample dalam  penelitian
ini  menggunakan  teknik  accidental  sampling.  Sample  yang  digunakan  berjumlah  96  orang  yaitu  pengguna  jasa
pelayanan  yang  ada  di  Kantor  Pelayanan  Administrasi  Terpadu  Kecamatan  Sidoarjo.  Hasil  penelitian  ini  disimpulkan
bahwa variabel  yang memiliki nilai tertinggi adalah  variabel petugas  memberikan pelayanan dengan  waktu  yang tepat
(88,5%)  yang  kemudian  diikuti  dengan  dua  variabel  yang  mendapat  prosentase  nilai  yang  sama  yakni  memberikan
pelayanan  dengan  tepat  dan  merespon  keluhan  pengguna  jasa  yang  masing-masing  pemperoleh  nilai  (88%).  Variabel
selanjutnya  yakni  merespon  setiap  pelanggan  dan  memberikan  pelayanan  dengan  cepat  memperoleh  skor  yang  sama
yakni (87%) dan yang terakhir yakni variabel pelayanan dengan cermat (86%). Sehingga diperoleh prosentase rata rata
Responsivitas Aparatur Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan Sidoajo  yakni 87% dalam kategori sangat baik.
 
 
Kata Kunci: Aparatur, Pelayanan, Responsifitas

Published
2015-05-12
Section
Articles
Abstract Views: 18
PDF Downloads: 38