DOI:
https://doi.org/10.26740/publika.v3n3.p%25pAbstract
Responsifitas merupakan kemampuan aparartur atau petugas dalam merespon suatu pelayanan yang dibutuhkan
oleh masyarakat. Respon pelayanan yang baik bagi masyarakat sebagai pengguna jasa adalah yang sesuai dengan
keinginan dan harapan atas pelayanan kebutuhan barang maupun jasa. Kebutuhan akan barang dan saja merupakan
kebutuhan yang sangat dekat dengan kehidupan masyarakat itu sendiri. Untuk menciptakan pelayanan yang baik akan
pemenuhan atas barang dan jasa maka diperlukan aparatur yang dengan tanggap melayani masyarakat. Ketanggapan
atau daya respon aparatur dapat diukur melalui dimensi responsifitas yang dikemukakan oleh Zeithaml,dkk (dalam
Hardiyansah,2011:6). Dimensi tersebut terbagi menjadi enam antara lain, Merespon setiap pelanggan/pemohon yang
ingin mendapatkan pelayanan, Petugas/aparatur melakukan pelayanan dengan cepat, Petugas/aparatur melakukan
pelayanan dengan tepat, Petugas/aparatur melakukan pelayanan dengan cermat, Petugas/aparatur melakukan pelayanan
dengan waktu yang tepat, terakhir Semua keluhan pelanggan direspon oleh petugas.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilakukan di
Kantor Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo. Teknik pengambilan data dalam
penelitian ini menggunakan kuesioner, wawancara, dokumentasi dan observasi. Pengambilan sample dalam penelitian
ini menggunakan teknik accidental sampling. Sample yang digunakan berjumlah 96 orang yaitu pengguna jasa
pelayanan yang ada di Kantor Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan Sidoarjo. Hasil penelitian ini disimpulkan
bahwa variabel yang memiliki nilai tertinggi adalah variabel petugas memberikan pelayanan dengan waktu yang tepat
(88,5%) yang kemudian diikuti dengan dua variabel yang mendapat prosentase nilai yang sama yakni memberikan
pelayanan dengan tepat dan merespon keluhan pengguna jasa yang masing-masing pemperoleh nilai (88%). Variabel
selanjutnya yakni merespon setiap pelanggan dan memberikan pelayanan dengan cepat memperoleh skor yang sama
yakni (87%) dan yang terakhir yakni variabel pelayanan dengan cermat (86%). Sehingga diperoleh prosentase rata rata
Responsivitas Aparatur Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan Sidoajo yakni 87% dalam kategori sangat baik.
Kata Kunci: Aparatur, Pelayanan, Responsifitas
Downloads

