EFEKTIVITAS SOSIALISASI DALAM PEMILIHAN UMUM PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN TAHUN 2014 PADA KOMISI PEMILIHAN UMUM KABUPATEN SIDOARJO

  • M ARIS SYAIFUDDIN

Abstract

Penyampaian sosialisasi kepada masyarakat adalah salah satu tugas penting dalam penyelenggaraan Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden. Undang-undang Nomor 22 Tahun 2007 Pasal 10 ayat (2) huruf l tentang Penyelenggaraan Pemilihan Umum, menyebutkan bahwa tugas dan wewenang Komisi Pemilihan Umum Kabupaten/Kota dalam penyelenggaraan Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden adalah melaksanakan sosialisasi penyelenggaraan Pemilihan Umum dan/atau yang berkaitan dengan tugas dan wewenang Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kota kepada masyarakat. Dengan adanya sosialisasi pemilihan umum kepada masyarakat, diharapkan berpengaruh terhadap peningkatan partisipasi masyarakat dalam Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden tahun 2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas sosialisasi dalam Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden tahun 2014 pada Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sidoarjo dengan konsep Terpadu, Sistematis, Penggunaan materi above dan below the line, Penggalangan kemitraan dan Menjangkau seluruh kelompok sasaran (dalam Sanusi, 2010). Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Area Random Sampling. Adapun jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 272 orang dari total daftar pemilih tetap pemilihan umum Presiden dan Wakil Presiden tahun 2014 di Kabupaten Sidoarjo yang berjumlah 1.390.644 orang. Berdasarkan hasil penelitian tentang Efektivitas Sosialisasi dalam Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2014 pada Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sidoarjo dinyatakan efektif. Hal tersebut dapat diketahui dari pengolahan data bahwa hasil nilai rata-rata setiap indikator sebesar 67,88% berada pada interval 65%-82% yang berarti efektif. Hasil penelitian yang dinyatakan efektif tersebut diukur dengan lima indikator efektivitas pemilihan umum, yakni 1). Indikator Terpadu dengan nilai rata-rata sebesar 69,14% 2). Indikator Sistematis dengan nilai rata-rata sebesar 63,78% 3). Indikator Pengguna materi above dan below the line dengan nilai rata-rata sebesar 70,06% 4). Indikator Penggalangan kemitraan dengan nilai rata-rata sebesar 66,17% 5). Indikator Menjangkau seluruh kelompok sasaran dengan nilai rata-rata 70,29%.  Kata Kunci: Efektivitas, Sosialisasi, Pemilihan Umum.

Published
2015-05-25
Section
Articles
Abstract Views: 22
PDF Downloads: 19