KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN RAWAT INAP  DI RUMAH SAKIT BINA SEHAT JEMBER

  • WIMA FAJAR RAMADHAN

Abstract

Penelitian  ini mempunyai tujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan rawat inap di Rumah Sakit Bina Sehat Jember. Dengan penelitian ini, dapat membantu mengevaluasi kelebihan dan kekurangan pelayanan rawat inap dan memberikan sumbangan pemikiran dan saran bagi penyelenggara pelayanan sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan yang berkaitan dengan alternatif pelayanan untuk masyarakat.  
Peneliti menggunakan pedoman Survei Kepuasan Masyarakat yang sesuai dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2014 tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Publik.  Dengan variabel kepuasan masyarakat yang diturunkan menjadi sembilan indikator. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan mengambil sampel dari jumlah populasi sebanyak 1.547 orang. Dari jumlah populasi tersebut, sampel yang didapat melalui perhitungan menggunakan rumus Slovin adalah sebanyak 94 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, yang mana kuesioner akan dibagikan kepada responden dengan menggunakan teknik sampling incidental. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan skoring item pada skala likert dan menggunakan kriteria penilaian.  
Hasil penelitian menunjukkan terdapat indikator terendah yaitu pada indikator penanganan pengaduan, saran dan masukan sebesar  82,766%, sementara persentase tertinggi sebesar 89,574% pada indikator perilaku pelaksana. Dari hasil yang didapat, tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan rawat inap di Rumah Sakit Bina Sehat Jember dinyatakan sangat memuaskan, hal tersebut dapat dilihat dari pengolahan data bahwa nilai persentase variabel kepuasan masyarakat adalah sebesar 86,67%, yang mana termasuk di dalam kelas interval 83%-100% dengan kategori sangat memuaskan.
Kata Kunci : Kepuasan Masyarakat, Pelayanan Publik.

Published
2015-05-27
Section
Articles
Abstract Views: 39
PDF Downloads: 47