KUALITAS PELAYANAN PUBLIK MEDIA CENTER DI DINAS  KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KOTA SURABAYA

  • ALFI RACHMADI

Abstract

Pelayanan publik pada dasarnya menyangkut aspek kehidupan yang sangat luas. Pemerintah memiliki fungsi memberikan berbagai pelayanan publik yang diperlukan oleh masyarakat. Pentingnya pengaduan atau komplain masyarakat dalam pelayanan publik sangat diperlukan dalam rangka membangun kepercayaan masyarakat, dengan menjadikan pengaduan atau komplain sebagai sarana untuk perbaikan dan peningkatan kualitas pelayanan publik. Salah satu bentuk upaya pemerintah dalam memberikan pelayanan pengaduan dan pemberian informasi bagi masyarakat, Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya merupakan dinas yang mempunyai tugas melaksanakan kewenangan daerah di bidang pengelolaan Teknologi Informasi dan Komunikasi berinovasi menyediakan Media Center sebagai pelayanan publik melalui pelayanan informasi dan penanganan pengaduan masyarakat Kota Surabaya. Tujuan penelitian yang dilakukan adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang Kualitas Pelayanan Publik Media Center Di Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya.  
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan pendekatan deskritif kualitatif. Sedangkan sumber data diperoleh dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Penelitian ini menggunakan teknik Wawancara, Observasi, Dokumentasi, dan Triangulasi. fokus penelitian ini adalah kualitas pelayanan publik pada Media Center di Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya yang dilihat dari lima dimensi kualitas pelayanan menurut Fandy Tjiptono (dalam Hardiyansyah, 2011:53) yaitu Bukti langsung (Tangibles), Keandalan (Reliability), Daya tanggap (Responsiveness), Jaminan (Assurance), dan Empati.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan publik di Media Center yang ada pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya ini dikatakan sudah cukup baik hal ini dapat dilihat dari dimensi Bukti langsung (Tangibles) menyangkut kelengkapan sarana dan prasarana fasilitas penunjang serta penampilan para pegawai sudah baik, rapi dan sopan, Keandalan (Reliability) menyangkut pelayanan petugas yang diberikan secara segera, akurat dan memuaskan, Daya tanggap (Responsiveness) menyangkut sikap dari petugas dengan tanggap serta peduli, Jaminan (Assurance) menyangkut jaminan pelayanan para petugas Media Center dengan memberikan pelayanan yang aman dan bebas dari resiko, dan Empati yang meliputi kemudahan para staf dalam melakukan hubungan komunikasi yang baik, perhatian pribadi, dan memahami kebutuhan pelanggan. Namun, masih ada masalah terkait sosialisasi tentang Media Center terhadap masih adanya sebagian pandangan masyarakat dinilai apatis, pesimis, cuek sehingga hanya sedikit orang yang tahu keberadaan dan memanfaatkan pelayanan Media Center yang tanpa dipungut biaya ini.
Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Pelayanan Publik, Media Center

Published
2015-06-03
Section
Articles
Abstract Views: 104
PDF Downloads: 150