PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PROGAM DESA DAN KELURAHAN SIAGA AKTIF  DI DESA SUCI KECAMATAN MANYAR KABUPATEN GRESIK

  • M YASSIR ARZAQ

Abstract

Kesehatan merupakan bagian penting dari pembangunan nasional, setiap warga Negara Indonesia berhak memperoleh perlindungan atas kesehatannya. Salah satu wujud dari pembangunan kesehatan nasional adalah dengan diterbitkannya progam Desa dan Kelurahan Siaga Aktif melalui Surat Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 1529/Menkes/SK/X/2010.
Pembangunan kesehatan nasional melalui progam tersebut mutlak membutuhkan adanya partisipasi masyarakat mengingat pembangunan kesehatan yang dilaksanakan adalah bersumberdaya masyarakat. Masyarakat berperan aktif dalam pemecahan masalah kesehatan, penanggulangan bencana, dan kedaduratan kesehatan. Oleh karena itu partisipasi masyarakat tentu sangat penting adanya dalam progam tersebut.
Tujuan peleitian ini adalah untuk menggambarkan bagaimana partisipasi masyarakat dalam Progam Desa dan Kelurahan Siaga Aktif di Desa Suci Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik yang akan dilihat dari sisi bentuk- bentuk partisipasi masyarakat menurut Abu Huraerah (2011:116) yang terdiri dari partisipasi buah pikiran, tenaga, harta benda, kemahiran/keterampilan, dan partisipasi sosial.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode deskriptif kuantitatif dimana sampel penelitian ini adalah berjumlah 100 responden dari seluruh warga Desa Suci. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan pengisian angket dan wawancara tak terstruktur. Sebelum data digunakan sebagai alat ukur dalam penelitian ini, terlebih dahulu akan diuji validitas dan reliabilitas instrumen penelitiannya dengan menggunakan rumus korelasi product moment dan spearman brown.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa partisipasi masyarakat dalam Progam Desa dan Kelurahan Siaga Aktif di Desa Suci sudah cukup baik, hal tersebut didasarkan dari data lapangan yang telah diolah dari masing-masing indikator penelitian. Indikator buah pikiran 42,25%, Indikator tenaga 54,91%, Indikator harta benda 56,25%, Indikator kemahiran/keterampilan 44,5%, Indikator sosial 66,25%. Jika dijumlah secara keseluruhan dari setiap indikator berjumlah 51,65%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa partisipasi masyarakat dalam Progam Desa dan Kelurahan Siaga Aktif di Desa Suci Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik adalah Baik.
Kata Kunci : Partisipasi Masyarakat, Progam Desa dan Kelurahan Siaga Aktif

Published
2015-06-04
Section
Articles
Abstract Views: 112
PDF Downloads: 464