STRATEGI DINAS PERHUBUNGAN KOTA SURABAYA UNTUK MENGURANGI KEMACETAN JALAN RAYA KOTA SURABAYA

  • RIZKI DENDY ARIFIYANANTA

Abstract

Seiring bertumbuhnya jumlah penduduk disebuah perkotaan karena laju pertumbuhan yang relatif
tinggi  dan  adanya  urbanisasi  yang  cukup  deras  maka  hal  tersebut  menimbulkan  bertambahnya  jumlah
kendaraan  bermotor  sebagai  penunjang  aktifitas  masyarakat  yang  berakibat  semakin  menumpuknya  alat
transportasi  pribadi  hingga  memunculkan  dampak  negatif  yang  sangat  serius  yaitu  kemacetan  lalu  lintas
kendaraan  bermotor.Volume  kendaraan  yang  semakin  meningkat  mengakibatkan  kapasitas  jalan  menjadi
semakin  kecil  jika  tidak  diimbangi  dengan  peningkatan  jaringan  dan  kapasitas  jalan  mengindikasikan
bahwa sistem jaringan jalan secara mayoritas sudah tidak sanggup lagi mengimbangi pertumbuhan volume
kendaraan.Kemacetan lalu lintas terjadi di setiap kota besar seperti Jakarta, Surabaya , Medan, Makassar dan
lainnya.  Sebagai  salah  satu  kota  besar  di  Indonesia,Surabaya.Dinas  perhubungan  Kota  Surabaya  harus
senantiasa  terus  memikirkan  upaya  untuk  mengatasi  permasalahan  kemacetan  yang  ada  di  Surabaya  agar
tidak semakin parah di kemudian hari yang akan sangat merugikan bagi warga kota Surabaya.
Jenis  penelitian  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  deskriptif  dengan  menggunakan
pendekatan  kualitatif.  Sedangkan  teknik  pengumpulan  datanya  dilakukan  melalaui  observasi,wawancara,
dan  dokumentasi.  Yang  diikuti  dengan  fokus  penelitian  menggunakan  teori  strategi  mengatasi  kemacetan
lalu  lintas  yang  diungkapkan  oleh  Rahardjo  Adisasmita  dan  Sakti  Adji  Sasmita  meliputi:  Menciptakan
Kebijakan Transportasi Perkotaan yang Komprehensif ,Melakasanakan Manajemen Lalu lintas yang Efektif,
Mengoperasikan Sarana Angkutan Umum yang Tepat Kapasitas,Pembangunan Prasarana Transportasi yang
Berkapasitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dinas Perhubungan Kota Surabaya telah melakukan berbagai
upaya dan memiliki stratetegi ke depan dalam mengurangi kemacetan di Kota Surabaya.Hal tersebut dapat
di  ketahui  dengan  dari  kebijakan  transportasi  perkotaan  yang  komprehensif  sehingga  nantinya  akan
mengedepankan  pelayanan  yang  baik  bagi masyarakat.Dalam  melaksanakan  manajemen  lalu  lintas  yang
efektif  telah  dilakukan  dengan  melaksanakan  pengaturan  lalu  lintas  yang  bertujuan  untuk  meningkatkan
kelancaran  lalu  lintas.Mengoperasikan  sarana  angkutan  umum  yang  tepat  kapasitas  sangat  diperlukan
dalam  upayanya  mengurangi  kemacetan,Dinas  Perhubungan  Surabaya  telah  memiki  rencana  dengan
mengoperasikan trunk  dan feeder  ditambah  mengoperasikan  angkutan  umum  massal  cepat  seperti
monorel,trem  dan  MRT.Untuk  mendukung  sarana  transportasi  dibutuhkan  pula  Prasarana  yang  tepat
kapasitas,Dinas  Perhubungan  Kota  Surabaya  telah  melakukan  perawatan  dan  mempercantik  halte  di
Surabaya dan mempunyai rencana membangun halte,terminal dan gedung parkir baru.
 
Kata kunci : Kemacetan,Transportasi,Strategi

Published
2015-06-05
Section
Articles
Abstract Views: 238
PDF Downloads: 1696